Kagumi Jokowi, Calon Independen di Pemilu Myanmar Pakai Logo PDIP

Kagumi Jokowi, Calon Independen di Pemilu Myanmar Pakai Logo PDIP

KabarDunia.com Besok tanggal 8 November Myanmar bakal mengadakan Pemilihan umum yang  untuk pertama kali yang disebut-sebut sebagai pemilu yang paling jujur dalam sejarah negara mereka, meskipun banyak keraguan yang diperlihatkan oleh para pengamat internasional. Namun, partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi cukup difavoritkan untuk meraih kemenangan telak pada pemilu kali ini.

Di samping adanya isu konflik sektarian yang saat ini menyelimuti pemilu tersebut, ada juga sebuah pemandangan yang sangat unik. hal ini tak lepas karena salah seorang tokoh yang maju secara independen bernama Ye Myint Thein menggunakan logo ‘moncong putih’ milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di semua spanduk kampanyenya.

“Logo tersebut ditemukan oleh tim Asian Network for Free Election (ANFREL) yang memang kebetulan juga berasal dari Indonesia. Bukan saya yang bertemu langsung dengan tokoh tersebut,” jelas Catherine Natalia, seorang pegiat Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem), Jumat (5/11).

“Foto itu pun akhirnya menyebar melalui beberapa grup WhatsApp,” lanjutnya.

Saat ditanya lebih jauh mengenai alasan sang tokoh tersebut akhirnya menggunakan logo ‘moncong putih’ milik PDIP tersebut, Catherine pun menjawab bahwa kandidat independen itu merupakan seorang pengagum sosok Joko Widodo, Presiden Indonesia saat ini.

Catherine sendiri saat ini masih berada di negara Myanmar untuk melakukan tugasnya sebagai tim pemantau pada pemilu Myanmar.