Dianggap Lalai, Saudi Bakal Pancung 28 Petugas Haji di Depan Jamaah

Dianggap Lalai, Saudi Bakal Pancung 28 Petugas Haji di Depan Jamaah

KabarDunia.com – Pengadilan Syariat Arab Saudi akhirnya menjatuhkan hukuman pancung terhadap 28 orang petugas yang telah dianggap bertanggung jawab atas Tragedi Mina yang telah menewaskan 717 jamaah Haji kemarin. Demikianlah laporan yang dikutip dari kantor berita asal Lebanon, Al Diyar.

“Raja Salman bakal memberikan perintah agar memberikan daftar nama-nama orang yang bertanggung jawab dalam mengatur kunjungan serta jamaah yang bertanggung jawab atas tewasnya sekitar 1.000 orang. Dan, Ia memerintahkan hukuman pancung kepada 28 orang pada hari ini,” demikian tulis laporan yang dilansir oleh Al Diyar, pada Jumat (25/9/2015).

“Pengadilan Syariat telah memutuskan demikian, saerta hukuman bakal dilaksanakan di hadapan jamaah.”

Beberapa pihak pun berspekulasi bahwa hukuman pancung tersebut berkaitan dengan adanya tudingan bahwa Pangeran Mohammad bin Salman al Saud lah yang menyebabkan tragedi saling injak yang merenggut nyawa ratusan jamaah haji tersebut. Keluarga kerajaan pun dianggap ‘mencuci tangan’ dengan menjadikan ke 28 petugas haji sebagai kambing hitam atas terjadinya insiden haji terburuk dalam 25 tahun terakhir itu.