Video Amatir Pasca Terjadinya Aksi Saling Injak di Insiden Mina

Video Amatir Pasca Terjadinya Aksi Saling Injak di Insiden Mina

KabarDunia.com Musibah kembali menimpa para jamaah haji, pada Kamis (24/9/2015). Sebuah peristiwa terjadi pasca para jamaah menunaikan ibadah wukuf di kawasan Arafah. Media di Arab pun melaporkan setidaknya ada 300 jamaah haji lebih yang wafat serta sekitar 400 jamaah yang lainnya mengalami luka-luka.

Korban pun berjatuhan karena adanya desak-desakan serta saling dorong yang dilakukan oleh para jamaah di Mina, pada Kamis pagi. Jamaah yang bakal melempar jumrah tersebut dikabarkan saling berdesakan hingga terjadinya insiden berdarah tersebut.

Sebuah video amatir yang diunggah ke Facebook pun menggambarkan bagimana mencekamnya situasi detik-detik pasca terjadinya insiden Mina itu. Dalam tayangan video yang berdurasi selama 1 menit 51 detik itu pun terlihat bagaimana para korban bergeletakan di tanah seusai kejadian.

Pemerintah Arab pun menyatakan, peristiwa itu terjadi di kawasan jalan 204 yang ada di Mina. Saat ini para petugas masih memeriksa tumpukan jamaah untuk melakukan evakuasi serta mengidentifikasi para korban. Selain itu pun mereka juga sedang dicarikan jalur alternatif.

Menurut dari keterangan pemerintahan setempat, aksi saling dorong tersebut tidak terjadi di dekat lokasi pelemparan jumrah, tapi terjadi di salah satu jalan yang menuju perkemahan jamaah.