Jamaah Haji yang Tewas dalam Insiden Mina Terus Bertambah

Jamaah Haji yang Tewas dalam Insiden Mina Terus Bertambah

KabarDunia.com Laporan yang terbaru dari Otoritas Arab Saudi menyatakan bahwa korban yang tewas akibat dari insiden saling injak yang terjadi di Mina total menjadi 320 orang. Untuk itu sementara prosesi lempar jumrah pun dihentikan. Saudi pun telah mengirimkan 100 ribu orang polisi untuk membantu dalam menormalisasi keadaan yang ada di sekitar tenda jamaah di Mina, selain itu para polisi itu juga bertugas untuk melancarkan arus lalu lintas dari arah Mina yang menuju Makkah. ratusan ambulans pun lalu lalang untuk mengantarkan para jamaah.

Aljazeera sendiri melaporkan, Kamis (24/9), bahwa korban yang mengalami luka juga telah bertambah menjadi total 450 orang. Sebagian lainnya saat ini masih dalam kondisi kritis.

Mayoritas dari korban insiden ini dilarikan menuju RS Mina. tetapi karena daya tampung yang tidak memadai lagi, sebagian dari mereka pun segera dibawa menuju ke RS Makkah. Untuk sementara ini, korban yang tewas maupun mengalami luka diidentifikasi berasal dari kawasan Yaman dan Mesir. WNI sendiri diperkirakan hanya sedikit yang ikut menjadi korban, hal ini karena lokasi kejadian saling injak tersebut bukan jalurnya untuk jamaah yang berasal dari Indonesia.

Insiden saling injak itu sendiri terjadi saat ribuan jamaah haji menyemut di sekitar jembatan Jalan 204. Akibatnya sejumlah jamaah jatuh dari jembatan saat ada rombongan yang tiba-tiba berhenti, hal ini pun memicu kepanikan ratusan jamaah lainnya.

Arsyad Hidayat, Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah pun mempersilakan kepada keluarga jamaah asal Indonesia yang ingin mengecek mengenai data korban terbaru dengan menghubungi jalur telepon +966543603154.