Kembali Terulang, Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jamaah Haji

Kembali Terulang, Tragedi Mina Tewaskan Ratusan Jamaah Haji

KabarDunia.com Kejadian naas untuk yang kesekian kalinya kembali terjadi pada ibadah haji tahun 2015 ini. Sebuah stasiun televisi di Arab, Al Arabiya melaporkan, pada Kamis (24/9), telah terjadi sebuah aksi saling injak serta dorong di antara ribuan jamaah haji yang sedang memenuhi jalanan sempit yang berada di dekat area tenda di kawasan Lapangan Mina, setelah melakukan ibadah melempar jumrah. Sedikitnya ada sekitar 220 jamaah yang tewas, serta 400 lainnya mengalami luka-luka.

Insiden ini sendiri telah dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Satuan Pengamanan Dalam Negeri Arab Saudi, melalui akun Twitter resmi mereka. Masih belum diketahui mengenai penyebab awal terjadinya bisa saling bertumbukannya para jamaah yang ada pada satu titik di dekat tenda-tenda yang ada di Mina itu.

Sampai berita ini dilansir pun, Pihak Kepolisian Saudi masih berusaha mengarahkan ribuan jamaah yang lainnya agar meewati rute alternatif yang disediakan untuk menuju tenda. dan masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai daftar kewarganegaraan jamaah yang tewas pada insiden ini.

Mayoritas dari korban insiden ini pun kini sudah dibawa menuju ke rumah sakit. “Jumlah korban jiwa dari insiden ini bisa melebihi dari korban insiden crane tempo hari,” ujar  Omar Alsaleh, wartawan dari Aljazeera, yang melaporkan langsung dari lokasi kejadian saling injak jamaah tersebut.

Pada hari puncak ibadah haji kali ini, sedikitnya ada 2 juta orang yang memadati Mina untuk melaksanakan lempar batu dalam prosesi jumroh.