Sebuah Hotel di Makkah Terbakar, Ribuan Jamaah Haji Diungsikan

Sebuah Hotel di Makkah Terbakar, Ribuan Jamaah Haji Diungsikan

KabarDunia.com Insiden kembali terjadi di Kota Suci Makkah, Arab Saudi, menjelang akan dilaksanakannya ibadah Haji. Sebuah hotel yang berada di daerah pinggiran kota yang saat ini dipadati oleh para jamaah yang mayoritas berasal dari benua Asia terbakar. Api tersebut dilaporkan pertama kali muncul dari lantai delapan yang ada pada penginapan itu.

Kantor berita AFP pun melaporkan, Kamis (17/9), para petugas pemadam kebakaran saat ini telah berhasil memadamkan api tersebut. “Dua jamaah terluka didalam insiden tersebut,” jelas seorang pejabat yang berada di Bidang Pertahanan Sipil Saudi.

Akibat dari insiden tersebut, lebih dari 1.000 jamaah yang tinggal di hotel tersebut, serta penginapan-penginapan yang ada disekitarnya, terpaksa diungsikan sementara. Pemerintah Saudi pun sementara ini masih enggan untuk mengungkapkan nama hotel, alamat lengkapnya, serta mengenai identitas kebangsaan jamaah yang dikabarkan terluka karena kebakaran tersebut.

Sampai berita ini dirilis sudah 1 juta jamaah yang berasal dari berbagai negara yang ada di dunia telah tiba di Tanah Suci untuk melaksanaan rukun Islam yang kelima. Namun, sebelum acara pelaksanaan haji dimulai pada tanggal 22 September mendatang, telah terjadi sejumlah insiden.

Sebelum terjadi kebakaran hotel pagi tadi, publik pun tentu masih ingat mengenai insiden jatuhnya sebuah alat berat, crane yang berada di Masjidil Haram, serta menewaskan 111 jamaah pada pekan lalu.

Jika merujuk dari arsip data, maka insiden yang terjadi di Makkah terparah adalah ketika terjadinya tragedi saling injak saat berada di Terowongan Mina pada tahun 1990. Saat musibah itu terjadi, total 1.426 jamaah akhirnya tewas karena berdesakan di dalam lorong yang menuju lokasi lemprah jumroh itu.