Uang Dijadikan Pembungkus Makanan Di Venezuela

pembungkus makanan dengan uang di venezuelaKabarDunia.comVenezuela, sebuah Negara yang terletak di ujung utara Amerika Selatan. Sebuah Negara yang terkenal kaya akan minyak bumi dan gas alam ini ternyata tengah dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Venezuela sedang mengalami kemerosotan perekonomiannya.

Dari sebuah foto yang diposting di media sosial Reddit menjadi heboh setelah seseorang memegang empanada dengan uang 2 Bolivar Venezuela. Foto ini telah banyak dikomentari hingga mencapai 1.770 netizen. Hal ini menunjukkan akan lemahnya nilai mata uang mereka, sehingga makanan ringan saja harus dibungkus dengan uang yang menjadi nilai tukar dalam kehidupan mereka.

Selama ini, Venezuela hanya menggantungkan perekonomianya dengan menjual kekayaan minyak bumi yang mereka miliki. Rendahnya harga minyak dunia saat ini ‘memaksa’ Nicolas Maduro (Presiden Venezuela) untuk mendatangi OPEC dan meminjam uang.

Selama masa jabatannya, Maduro memang telah membuat banyak sekali reformasi yang disukai oleh rakyat Venezuela, yaitu dengan membiarkan masyarakatnya untuk membeli USD. Masyarakat bisa membeli hingga USD 300 per hari, namun sayangnya untuk USD 200 dalam bentuk tunai. Sedangkan untuk USD 100 lainnya harus dimasukkan dalam rekening bank Venezuela.

Venezuela tengah dalam krisis yang benar benar membahayakan, tercatat pada bulan Oktober nanti juga Veenezuela harus membayar utang USD 5 miliar. Para para ahli mengatakan Venezuela bisa bangkrut karena negara ini tidak punya uang sebagai dampak rendahnya harga minyak dunia. Ini tidak mustahil karena warga negaranya sendiri tidak menghargai mata uang negaranya.

Akankah ini juga akan terjadi pada Indonesia ? semoga saja tidak akan pernah terjadi.