Akibat Lupa Matikan Flash Kamera, Bayi 3 Bulan Ini Divonis Buta!

Akibat Lupa Matikan Flash Kamera, Bayi 3 Bulan Ini Divonis Buta!

KabarDunia.com Seorang bayi yang baru berumur tiga bulan serta belum memiliki nama tersebut, Terpaksa mengalami kebutaan sebelah matanya dampak dari kelalaian salah seorang kawan dari keluarganya yang lupa untuk mematikan lampu kilat alias flash yang ada pada kamera yang bakal dipakainya untuk memotret sang bayi dengan pose close-up.

Orangtua pun mulai merasa ada yang janggal seusai foto melihat hasilnya yang diambil dengan jarak cukup dekat sekitar 10 inci. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, bayi lucu nan menggemaskan itu pun segera dilarikan menuju ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut. Hasilnya, dokter pun mengungkapkan bahwa sang bayi saat ini telah mengalami kebutaan pada matanya yang sebelah kanan.

Dokter pun juga berkata, kerusakan tersebut terjadi secara permanen serta tidak dapat lagi diperbaiki meskipun dengan jalan operasi.

Flash sendiri bisa merusak sel-sel yang berada di sekitaran makula yang bisa menyebabkan bayi tersebut kehilangan fungsi penglihatan sentral, yang dimana bakal membuatnya kesulitan dalam melihat lurus ke arah depan.

Belajar dari permasalahan tersebut, para pakar pun mengingatkan, bahwa anak-anak pada dasarnya sangat sensitif kepada cahaya yang kuat. Seperti misalnya cahaya flash yang dihasilkan ketika proses memotret.

Semacam yang dikutip dari Daily Mail, pada Jumat (31/7/2015), para pakar pun juga membahas, bahwa bayi dengan cara refleks bakal menutup mata ketika mereka terkena cahaya. Tetapi, dengan kecepatannya yang hanya sekian milidetik maka cahaya yang kuat bakal tetap masuk serta menyebabkan kerusakan secara permanen.

Hingga kabar ini diturunkan, masih belum diketahui mengenai apakah kawan dari keluarga bayi tersebut bakal menghadapi tindakan hukum atas kelalaiannya atau tidak.