Tembus 1800 Korban, Pemerintah Nepal Cari Bantuan untuk Gempa Nepal

Tembus 1800 Korban, Pemerintah Nepal Cari Bantuan untuk Gempa NepalPetugas yang sedang sibuk mencari korban gempa Nepal (Reuters/Navesh Chitrakar)

KabarDunia.com Jumlah korban gempa Nepal saat ini bertambah menjadi 1.805 orang sementara itu Amerika Serikat telah mengirim bantuan tim penyelamat serta dana awal yang mencapai sebesar US$1 juta.

Seorang pejabat dari kementerian dalam negeri Nepal pun berbicara mengenai jumlah korban tewas dalam gempa Nepal kali ini adalah yang terburuk dalam kurun 81 tahun ini kini telah mencapai 1.805 korban. Sementara itu, total jumlah korban yang mengalami luka telah mencapai 4.718 orang.

Diantara korban gempa yang tewas terdapat juga salah seorang eksekutif dari perusahaan ternama, Google yang saat itu sedang melakukan sebuah pendakian Gunung Everest.

Dan Fredinburg adalah seorang kepala privacy yang ada di Google X yang tak lain merupakan sebuah divisi penelitian perusahaan berbasis teknologi itu. Dirinya sedang melakukan sebuah ekspedisi pendakian puncak paling tinggi di dunia itu saat gempa Nepal itu terjadi serta menyebabkan salju longsor.

Sementara itu, menanggapi dari permintaan bantuan pemerintah Nepal dalam upaya menanggulangi situasi paska adanya gempa Nepal, pemerintah Amerika Serikat bakal segera mengirimkan tim penyelamatan serta reaksi bencana menuju Nepal.

Selain itu dari pemerintah AS juga sudah memberi otorisasi pengiriman dana awal sebesar US$1 juta yang dapat digunakan untuk menolong pemerintah Nepal.

“Kami akan bekerja sama dengan pemerintah Nepal untuk memberikan bantuan serta dukungan,” kata John Kerry, Menteri Luar Negeri melewati sebuah pernyataan tertulis.

USAID, Badan Pembangungan Internasional AS, menulis di akun Twitter miliknya bahwa mereka juga akan bekerja sama dengan Kantor Bantuan Bencana Luar Negeri AS, OFDA, guna mengirim satu tim reaksi bencana serta menggambarkan bahwa dana bantuan awal ini “diperuntukkanhanya untuk kebutuhan-kebutuhan mendesak.”

Amerika Serikat juga “telah siap menolong pemerintah serta rakyat Nepal serta wilayah lainnya,” ucap dari Bernadette Meehan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional dalam sebuah pernyataan tertulisnya yang dikeluarkan Sabtu (25/4).

OFDA juga berbicara melewati akun Twitternya terkait adanya rencana untuk mengerahkan satu tim pencarian serta penyelamatan perkotaan dari Departemen Penyelamatan serta Pemadam Kebakaran daerah Fairfax, serta satu tim dari Departemen Pemadan Kebakaran Los Angeles bersiap untuk dikirim