14 Bulan ‘Menghilang’, Akhirnya Fidel Castro Muncul

14 Bulan 'Menghilang', Akhirnya Fidel Castro Muncul

KabarDunia.com Fidel Castro, Mantan Presiden Kuba akhirnya membikin penampilan publik pertamanya seusai 14 bulan tak terlihat. Dirinya berjumpa dengan para delegasi pejabat Venezuela dalam suatu misi solidaritas ke Kuba di suatu sekolah di Havana.

Ikon revolusioner yang telah berumur 88 tahun itu digambarkan sebagai seoarang yang “penuh vitalitas” oleh wartawan lokal setempat. Demikian dilansir oleh BBC, Minggu (5/4/2015).

Fidel Castro terakhir kalinya terlihat tampil di depan publik pada bulan Januari 2014 ketika acara pembukaan Pusat Kebudayaan Havana yang saat itu disponsori oleh salah satu seniman asal Kuba favoritnya, Alexis Leyva.

Kali ini, media secara resmi menunjukkan foto Castro yang sedang duduk di dalam mobil serta berjabat tangan dengan melewati jendela mobilnya dengan para pengunjung yang berasal dari Venezuela. Dirinya juga mengenakan topi baseball serta jaket.

Sejak jatuhnya negara Uni Soviet, negara yang kaya akan kandungan minyak Venezuela sudah menjadi sekutu yang terdekat negara Kuba.

Fidel Castro merupakan kawan dekat dari mantan presiden Venezuela Hugo Chavez, yang memastikan bahwa Kuba akan menerima minyak murah. Sebagai imbalannya, Kuba akan memberikan kepada Venezuela penasihat, dokter, serta guru.

Fidel Castro resmi mengundurkan diri sementara waktu sebab sakit pada tahun 2006 silam serta dengan cara resmi memberitahukan mengenai pengunduran dirinya pada 2008. Dirinya juga menyerahkan kekuasaannya terhadap sang adik Raul Castro (83).

Fidel Castro terkadang masih sempat menulis kolom koran serta menerima pejabat di rumahnya, tapi jarang sekali muncul di depan umum.