Baru 5 Hari Menjabat, Menteri Ini Mundur Karena Kasus Plagiat

Baru 5 Hari Menjabat, Menteri Ini Mundur Karena Kasus Plagiat

KabarDunia.com Klavdija Markez, Menteri Pendidikan Slovenia, dini hari tadi resmi mengundurkan diri. Meski baru saja menjabat lima hari, wanita ini langsung diserang seusai media setempat mengungkap sebuah kebenaran bahwa tesisnya untuk meraih gelar master adalah hasil plagiat karya tulis orang lain.

Perdana Menteri Miro Cerar pun menerima pengunduran diri itu, semacam dilaporkan Mladina, Kamis (2/4). Markez selalu menolak diwawancara lebih lanjut mengenai plagiarisme tersebut.

Penunjukan Markez sejak awal memang mengundang kontroversi. Dirinya terpilih seusai menteri pendidikan yang sebelumnya, Stanka Setnikar, ketahuan telah menilap uang operasional kementerian. Seusai dijadikan tersangka oleh Komisi Anti- Korupsi Slovenia, Stanka pun memilih mundur.

Pengunduran ini semakin meningkatkan suhu panas di politik Ibu Kota Ljubljana. Parlemen Slovenia tak sedikit menyoroti anggota dari Perdana Menteri Miro. Markez merupakan menteri keempat yang mundur dari kabinet yang saat ini baru berumur enam bulan ini.

Dalam waktu dekat, juga diperkirakan akan ada satu pejabat tinggi lagi yang bakal tersingkir, yakni Janko Veber yang saat ini sedang memegang posisi sebagai menteri pertahanan.

Veber menjadi incaran politikus oposisi sebab sempat memerintahkan litbang tentara Slovenia untuk mengkaji privatisasi BUMN telekomunikasi, Telekom.