Gempa Taiwan 6,4 SR Runtuhkan Gedung dan Korban Tewas Semakin Bertambah

Gempa Taiwan 6.4 SR  foto bagunan runtuh dan korban semakin bertambah KabarDunia.com_Gempa-Taiwan-6_gempa taiwanKabarDunia.com – Ratusan petugas pemadam kebakaran karena Gempa Taiwan dan personil militer yang sedang untuk menyelamatkan puluhan orang terjebak dalam reruntuhan bangunan setelah gempa berkekuatan 6,4 melanda Taiwan selatan.
Setidaknya 11 orang, termasuk seorang wanita, dilaporkan tewas dalam gempa, yang melanda di kota Tainan, kata pihak berwenang.
Gempa tersebut hingga membuat sebuah lubang seluas 10 kaki di lapangan golf, pasokan air untuk 400.000 orang terputus dan layanan kereta api berkecepatan tinggi dihentikan untuk bagian selatan hingga menjelang liburan Tahun Baru Imlek.
Pada 06:50, pihak berwenang mengatakan gempa telah menewaskan sedikitnya 11 orang dan 422 luka-luka, sementara 11 bangunan roboh atau berbahaya miring. TV lokal menunjukkan petugas pemadam kebakaran menggunakan tangga untuk menjangkau lokasi di atas puing-puing beton dari beberapa bangunan apartemen, mencari korban. Setidaknya satu wanita terperangkap dalam reruntuhan disebut petugas pemadam kebakaran dari ponselnya dan mencoba penyelamat langsung ke lokasi nya, yang kami kutip dari Apple Daily.
Dalam kasus lain, petugas pemadam kebakaran menemukan seorang anak yang berumur 7 tahun setelah mengikuti teriakan kucing peliharaannya, bernama Meow-meow, yang tinggal di sisinya setelah gempa melanda, kata Berita Taiwan.
Presiden keluar Ma Ying-jeou terbang ke Tainan, berjanji “akan melakukan upaya yang terbaik” untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap dan membantu orang lain yang terkena bencana. Ma mengatakan militer telah menyiapkan 1.200 tempat tidur di empat tempat penampungan di daerah untuk mengakomodasi para pengungsi.
Gempa Taiwan menyebabkan 69 tiang listrik rusak, yang mempengaruhi lebih dari 121.000 rumah tangga di kota, menurut pihak berwenang Rail Taiwan Power Co mengatakan pemadaman listrik, tidak merusak trek, adalah alasan untuk suspensi layanan kereta api. persediaan air untuk sekitar 400.000 rumah tangga terganggu.
Di antara yang tewas, enam warga dari runtuh 17 lantai bangunan perumahan di Tainan, termasuk gadis 10-hari-tua dan seorang gadis 6 tahun. Korban lain, seorang wanita berusia 56 tahun, tewas ketika sebuah menara air runtuh.
insinyur struktur mengatakan kepada media lokal bahwa bangunan itu mungkin tidak memenuhi standar gempa, mencatat bahwa foto yang diambil sebelum gempa menunjukkan dasar terlalu sempit untuk struktur tinggi seperti di zona seismik aktif. Kementerian Dalam Negeri dan walikota Tainan mengumumkan mereka akan meluncurkan investigasi ke dalam desain bangunan dan konstruksi.
Gempa, yang melanda pada 03:57 Sabtu, sangat menimbulkan kejadian buruk karena itu sangat dangkal sekitar enam mil di bawah tanah dan pusat gempa berada di pulau itu, tidak lepas pantai, kata Survei Geologi AS geofisika Paul Caruso. Orang merasa gempa jauh seperti China daratan, 100 mil ke barat melintasi Selat Taiwan.