Tips Dan Panduan Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

cara mengobati diabetes secara tradisional

KabarDunia.comDiabetes adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Diabetes terjadi karena tinggi kadar gula dalam darah, sehingga biasa disebut juga penyakit gula atau kencing manis. Penyakit ini disebabkan karena fungsi organ tubuh yang menurun, khususnya adalah pankreas. Gula memang dibutuhkan manusia untuk memberikan pasokan energi bagi tubuh dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Namun, jika gula (glukosa) yang masuk kedalam tubuh terlalu berlebihan maka tidak baik juga untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes ini. Mari kita sedikit membahas tentang diabetes dan .

Seperti yang telah dijelaskan diatas, penyakit diabetes ini disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Dalam dunia medis, diabetes atau kencing manis dikategorikan sebagai suatu sindrom yang menyerang fungsi tubuh sehingga tidak berjalan dengan baik. Kadar gula dalam darah dikontrol hormon-hormon yang terdapat didalam tubuh, salah satu yang utama adalah hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Namun, ketika kadar gula yang masuk tidak diimbangi dengan produksi insulin atau insulin kurang sensitif terhadap glukosa, maka hal ini dapat menyebabkan penyakit diabetes. Gejalanya bisa ditandai dengan tubuh yang sering lemas atau lesu, mudah mengantuk, sering merasa lapar dan haus, dan ketika memiliki luka lama sembuhnya. Jika sudah begitu, kita harus waspada, jangan sampai menjadi lebih parah. Selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengobati diabetes secara alami.

Memang pengobatan diabetes lebih dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli yang terkait. Namun, ternyata ada cara lain dengan pengobatan secara alami atau tradisional yaitu dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini. Pertama adalah mengkudu. Buah yang satu ini dapat memperbaiki reseptor atau bisa dikatakan kepekaan insulin terhadap glukosa. Kedua ada buncis. Kandungan yang terdapat didalam buncis dapat meningkatkan produksi insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula yang ada didalam darah sampai ke batas normal. Memang ada beberapa jenis makanan lain yang dapat dijadikan obat, namun hal itu juga harus diimbangi dengan kebiasaan hidup yang baik, seperti berolahraga secara rutin setiap hari (bisa dilakukan dengan olahraga ringan seperti joging), serta menjaga pola makan teratur, sehat, dan mengurangi konsumsi gula. Nah itu tadi sekilas tentang penyakit diabetes dan cara mengobati diabetes secara alami, semoga bermanfaat.