Inilah 5 Manfaat Ciplukan, dari Penangkal Radikal Hingga Obat Diabetes

Inilah 5 Manfaat Ciplukan, dari Penangkal Radikal Hingga Obat Diabetes

KabarDunia.com Mungkin bagi sebagian orang ada yang kurang familier dengan buah yang satu ini. Ciplukan adalah salah satu tanaman buah yang dimana biasanya dapat kamu temukan tumbuh di sebuah lahan kosong atau pun disekitar persawahan. tanaman ini juga memiliki berbagai nama yang berbeda di beberapa tempat misalnya saja cape gooseberry, physalis atau cerri tanah, akan tetapi meskipun tanaman dengan buah yang berbentuk cukup unik seringkali dianggap sebagai tanaman pengganggu namun siapa sangka dibalik itu semua buah ciplukan dapat menjadi obat untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. dan berikut ini adalah 5 manfaat yang bisa kamu dari buah Ciplukan ini.

1. Mengobati diabetes melitus
Gunakanlah seluruh bagan tanaman ciplukan ini, kemudian potong-potong menjadi kecil seukuran 3-4cm. Jika sudah rebus potongan tadi bersama dengan 2 gelas air hingga airnya mendidih dan mulai menyusut hingga setengahnya. Setelah itu angkat dan biarkan airnya menjadi dingin terlebih dahulu kemudian saring air rebusan tadi. Minumlah sekaligus air rebusan itu setiap pagi. pada sore harinya kamu juga bisa menggunakan ampas dari rebusan yang dilakukan pagi tadi kemudian tambahkan air dan tunggu hingga menyusut dan minum. untuk keesokan harinya ganti dengan tanaman ciplukan yang baru agar memperoleh khasiat yang lebih baik
manfaat ciplukan
2. Mengatasi sakit paru
Masih sama caranya dengan diatas, dimana didihkan potongan tanaman ciplukan ini dengan menggunakan 3-5 gelas air. kemudian dinginkan dan saring. Air hasil rebusan ciplukan ini bisa kamu minum sebanyak 3 kali sehari.

3. Sebagai asupan kalori
Ternyata setiap satu gram buah ciplukan didalamnya mengandung 53 kalori serta satu gram lemak. Jadi buah ciplukan ini merupakan sebuah solusi cerdas untuk orang yang sedang melakukan diet, dimana buah ini memiliki banyak serat dan kalori sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Vitamin A
Siapa sangka di setiap 100gr buah ciplukan ini ternyata juga mengandung sekitar 720 unit vitamin A? itu berarti hanya dengan mengonsumsi buah Ciplukan kamu sudah memenuhi sekitar 14% kebutuhan vitamin A bagi orang yang telah dewasa dalam seharinya. Seperti yang telah kita tahu bahwa vitamin A itu sangat baik untuk kesehatan mata, kulit serta kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja buah ciplukan juga ternyata mampu menetralkan radikal bebas yang dimana berarti hal itu mampu melindungi kita dari serangan berbagai macam penyakit akibat radikal bebas tersebut.
khasiat ciplukan
5. Vitamin C
Selain vitamin A, buah ciplukan ternyata juga mengandung 11mg vitamin C. dimana Vitamin C merupakan vitamin yang bisa larut di dalam air serta sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa memproduksi kolagen. dimana kolagen sendiri baik untuk kulit, bisa mengurangi tekanan darah, menekan risiko katarak serta juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, tidak terduga bukan manfaat buah yang satu ini, kan? Buah yang kecil dan bisa hidup dengan mudah dan liar di mana saja ini ternyata juga menyimpan sejumlah manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. So, Jangan sepelekan Ciplukan lagi, ya!