Pengaruh ASI Terhadap IQ Anak Ternyata Hanya Mitos?

Pengaruh ASI Terhadap IQ Anak Ternyata Hanya Mitos?

KabarDunia.com Tidak sedikit orang yang menyebutkan bahwa memberi ASI pada bayi bisa membikinnya menjadi lebih cerdas serta mempunyai IQ yang tinggi. Namun nyatanya penelitian terakhir membantah pendapat tersebut.

Dilansir dari New York Times, ASI terbukti bisa mengangkat fungsikesehatan namun tak memunculkan pengaruh kepada perkembangan IQ anak. Penelitian di Inggris ini diperbuat pada 11.582 anak yang lahir antara tahun 1994 serta 1996. Dua per tiga dari partisipan menerima ASI selama minim lebih empat bulan. Para anak tersebut yang telah berada pada usia belasan dibagikan sembilan tes kecerdasan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa tak ada perbedaan kecerdasan yang signifikan antara mereka yang diberi ASI serta yang tidak. Terbukti tersedia sedikit perbedaan yang tak signifikan pada anak perempuan yang diberi ASI serta yang tidak. Namun pada anak laki-laki, sama sekali tak timbul adanya perbedaan ini. Perbedaan baru tampak apabila latar belakang sosial ekonomi orang tua serta pengasuhan dibedakan.

Hasil penelitian ini meruntuhkan mitos pada masyarakat bahwa anak yang minum ASI cenderung lebih cerdas dibanding anak yang tidak. Perbedaan kecerdasan anak baru bisa dibedakan apabila mempertimbangkan pola asuh serta kondisi sosial ekonomi anak.