Senang Pakai Lensa Kontak, Waspadai 4 Hal ini!

Senang Pakai Lensa Kontak, Waspadai 4 Hal ini!

KabarDunia.com Semacam yang kalian tahu lensa kontak (softlens)merupakan lensa mata yang dibangun dengan bahan plastik korektif yang dipakai pada lapisan kornea mata. Pada awalnya lensa kontak ini dibangun sebagai pilihan pengganti kacamata bagi kalian yang mengalami gangguan pengamatan semacam rabun dekat ataupun rabun jauh.

Namun sekarang lensa kontak juga dipakai dengan tujuan kecantikan. Warna lensa kontak yang berbagai macam membikin tak sedikit orang, khususnya kaum hawa berminat untuk mengganti warna kornea mata mereka menjadi warna yang lain.

Namun, dibalik manfaatnya yang menggiurkan, lensa kontak mempunyai segi gelap yang wajib kalian tahu. Ini bukan berarti kalian tak boleh memakai lensa kontak. Hanya saja, bukan faktor yang bijaksana apabila kalian memakai lensa kontak tanpa tahu resikonya. Setidaknya, kalian butuh tahu hal-hal berikut ini.

1. Isu kornea

Bersentuhan langsung dengan kornea, membikin lensa kontak sedikit rawan untuk kesehatan kornea kamu. Keluhan yang tak jarang timbul semacam pengamatan kabur serta pembengkakan mata. Kondisi ini biasanya dikarenakan oleh rendahnya oksigen yang tersalur ke dalam kornea. Dengan cara medis kondisi ini disebut dengan hipoksia. Faktor lain yang bisa terjadi merupakan adanya goresan pada kornea, bentuk kornea yang berubah, serta bahkan infeksi sebab bakteri.

2. Peradangan kelopak mata

Memakai lensa kontak sangat memungkinkan terjadinya peradangan pada kelopak mata. Berbagai orang hanya mengalami peradangan ringan semacam benjolan inflamasi yang timbul di bawah kelopak mata. Benjolan ini bakal membikin kalian merasa sangat tak enjoy untuk memakai lensa kontak.

3. Mata kering

Mata kering merupakan salah satu efek negatif yang paling tak jarang timbul dari pemakaian lensa kontak. Pemakaian lensa kontak memungkinkan mata bakal keminiman cairan. Mata kering bisa terjadi baik dengan pemakaian lensa kontak lunak maupun lensa kontak keras. Mata kering biasanya diiringi dengan gejala semacam mata terasa panas, merasa semacam kelilipan, serta mata kemerahan.

4. Reaksi alergi

Dalam berbagai permasalahan, pemakai lensa kontak bisa mengalami reaksi alergi. Salah satu reaksi alergi yang dimunculkan merupakan mata berubah merah setiap kali lensa kontak dipasang pada kornea. Reaksi alergi kemungkinan besar timbul dari larutan pengtahan lama lensa. Untuk permasalahan yang satu ini, konsultasi dengan dokter merupakan jalan yang paling baik.

Sekali lagi ditekankan bahwa mengungkap segi gelap dari pemakaian lensa kontak ini bukan berarti kalian tak boleh memakainya. Hanya saja mengenal kemungkinan kurang baik yang terjadi saat menggunaan lensa kontak, bakal mempermudah kalian untuk melakukan antisipasi.