Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara mengobati gusi bengkak dengan cepat

KabarDunia.comIni adalah artikel seputar gusi bengkak dan cara mengobati gusi bengkak. Gusi bengkak adalah salah gejala yang timbul karena adanya gangguan yang terjadi pada mulut, dan penyebabnya pun bermacam-macam. Gusi merupakan bagian yang sangat penting bagi setiap orang. Gusi merupakan salah satu bagian tubuh yang terdapat didalam mulut dan melapisi rahang bagian atas dan bawah, serta menjadi tempat bagi gigi. Dalam gusi juga terdapat jutaan saraf yang sangat sensitif, apalagi jika terkena atau ada kontak dengan benda asing. Gusi bengkak artinya adalah terjadi peradangan pada daerah gusi, sehingga warna gusi menjadi berubah, terasa menonjol atau bengkak, dan dapat menimbulkan rasa nyeri.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gusi bengkak. Kekurangan nutrisi seperti vitamin B dan C dapat menjadi . Vitamin B dan C ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kondisi gusi. Gusi bengkak juga bisa terjadi karena gigi yang rusak sehingga gusi menjadi bengkak, atau bisa terjadi ketika gigi akan terlepas dari gusi. Gusi bengkak juga dapat disebabkan karena infeksi yang ditimbulkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri, virus, atau kuman. selanjutnya adalah radang gusi atau Gingivitis, dimana gusi teriritasi dan kemudian menjadi bengkak. Hal ini disebabkan karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dan menyebabkan bakteri atau sisa makanan menumpuk serta menempel pada lapisan gigi dan gusi. Jika dihiraukan, sisa makanan tadi bisa menjadi karang gigi yang dapat menusuk gusi dan menyebabkan gusi bengkak. Nah, berikut ini adalah cara mengobati gusi bengkak.

Sebenarnya gusi bengkak dapat dihindari, karena lebih baik kita melakukan pencegahan. Caranya adalah dengan rajin membersihkan mulut dengan menyikat gigi. Gunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi. Meminum air putih yang cukup juga membantu mengurangi resiko gusi bengkak, karena dapat memperbanyak air liur yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Bisa juga dengan meminum air hasil rebusan daun sirih 1 kali sehari karena daun sirih mengandung antibiotik yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Untuk mengatasi gusi bengkak bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam, minum 3 kali sehari. Nah, itu tadi beberapa hal untuk mencegah dan cara mengatasi gusi bengkak.