Cara Mengobati Batuk Secara Tradisional

Cara Mengobati Batuk Secara Tradisional

KabarDunia.comBatuk adalah salah satu jenis gejala yang dapat menyerang saluran pernapasan. Batuk terjadi pada bagian tenggorokan. Seringkali kita terganggu ketika mengalami batuk-batuk baik itu batuk berdahak atau batuk kering. Apalagi ketika berada ditempat umum atau ketika sedang berkumpul bersama dengan teman atau kerabat. Terkadang orang sering menghiraukan penyakit yang satu ini karena seringkali sembuh dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Namun, hal ada baiknya melakukan pengobatan dengan segera karena bisa jadi batuk malah bertambah parah lagi. Berikut ini kita akan mengulas beberapa cara mngobati batuk yang dapat dilakukan sendiri.

Pada dasarnya, batuk memang bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala yang terjadi pada saluran pernapasan yang bereaksi karena adanya suatu penyakit atau hal tertentu yang dapat memicu batuk. Batuk bisa timbul karena adanya iritasi yang terjadi pada tenggorokan, yang dapat disebabkan karena masuknya makanan, asap, debu, adanya hal lendir, dan juga karena hal-hal lain. Batuk terjadi dikarenakan rangsangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (saluran pernapasan), misal karena terkena debu, debu yang masuk dapat mempengaruhi atau memberikan rangsangan pada reseptor batuk. Setelah itu, reseptor batuk akan mengirimkan sinyal ke otak sehingga kemudian otak memberikan perintah pada otot-otot dalam tubuh guna mengeluarkan debu atau bisa dikatakan benda asing yang masuk kedalam tubuh. Cara mengobati batuk ada berbagai macam dan berikut beberapa diantaranya.

Untuk batuk yang bukan disebabkan karena adanya suatu penyakit, kita bisa meringankannya dengan meminum air putih. Kenapa air putih? Mudahnya karena air putih tidak seperti minuman lain, contohnya kopi yang mengandung bubuk atau ampas, yang justru akan memperparah. Kemudian cara beberapa cara mengobati batuk. Pertama dengan jeruk nipis, cara menggunakannya adalah dengan mengambil air perasan jeruk dan dicampur dengan kecap atau madu secukupnya, anda dapat meminumnya 3 kali sehari. Kedua dengan kunyit, caranya tumbuk beberapa buah kunyit dan campur dengan madu ataupun susu diberi air putih. Minum 1 gelas dalam sehari. Ketiga dengan daun sirih. Rebus beberapa helai daun sirih dengan air secukupnya dan minum hasil rebusan sirih tersebut 1 kali sehari. Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang batuk dan cara mengobati batuk secara tradisional.