Inilah 5 Penyebab Terjadinya Ruam Popok pada Bayi!

Inilah 5 Penyebab Terjadinya Ruam Popok pada Bayi!

KabarDunia.com -Kulit bayi membutuhkan perawatan yang cocok supaya ia tidak mengalami gangguan kulit, sebab kulitnya tetap sangat sensitif. Tetapi, tanpa disadari kebiasan kecil kerapkali menyebabkan persoalan kulit pada bayi, salah satunya merupakan persoalan ruam popok yang tidak sedikit dialami oleh bayi di Indonesia.

Bayi mengalami ruam popok dikarenakan oleh infeksi jamur serta bakteri. Faktor itu khususnya sebab kebersihan di area yang ditutupi popok tidak terjaga dengan baik. Jamur tumbuh abnormal apabila kebersihan di area yang ditutupi popok tidak terjaga.

1. Lupa mengganti popok

Tak jarang, Bunda biasanya baru mengganti popok si kecil dengan popok yang baru,  apabila popok telah penuh. Apabila bayi telah rewel serta menangis, jangan hanya berpikir bahwa ia sedang lapar alias haus. Coba cek popoknya, bisa sehingga sebab ia telah tidak enjoy dengan popok yang basah alias penuh.

2. Asal membersihkan

Tak terjaganya kebersihan memengaruhi tumbuhnya jamur serta bakteri di area yang ditutupi popok. Sebab itu, pastikan Bunda membersihkan dengan sempurna area yang ditutupi popok dari urin maupun seusai bayi buang air besar. Jangan asal membuang alias mengganti popok. Pastikan area yang ditutupi popok bersih dari kotoran.

3. Pakai tisu basah

Tisu basah terbukti praktis, khususnya saat Bunda sedang bepergian bersama bayi. Apabila wajib memakai tisu basah untuk membersihkan area yang ditutupi popok, sebaiknya segera melap tahap tersebut sampai kering. Tisu basah bisa menyebabkan alergi, sebab kulit bayi yang tetap sensitif.

4. Lembab serta basah

Sebelum memakaikan popok baru, pastikan area yang ditutupi popok kering. Setiap kali sehabis mandi, alias seusai membersihkan area yang ditutupi popok, pastikan area ini sangatlah kering. Apabila area ini tetap basah, alias bahkan lembab sekalipun, jangan langsung memakaikan popok.

5. Bedak yang menggumpal

Penggunaan bedak biasanya berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi, khususnya di tahap lipatan kulit bayi. Tetapi, penggunaan bedak yang terlalu tebal di area yang ditutupi popok, justru bisa memicu terjadinya ruam popok. Apalagi, apabila bedak ini bercampur dengan air serta menggumpal. Penggumpalan bedak ini memengaruhi kelembapan kulit bayi.