Masker Buah Penghilang Jerawat

cara-membuat-masker-alami-untuk-wajah-berminyak

KabarDunia.com – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering kali menjadi momok bagi kebanyakan orang, terutama jerawat yang terdapat pada kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, jerawat pada wajah dapat mempengaruhi penampilan seseorang yang secara otomatis akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Oleh sebab itu, mengatasi jerawat menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kesehatan kulit wajah dan penampilan terjaga.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat di wajah. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara alami menggunakan buah-buahan yang biasa kita konsumsi setiap hari. Selain biasa dikonsumsi sebagai jus, buah-buahan berikut dapat diolah menjadi bahan masker untuk mengatasi masalah jerawat.

1. Tomat

Penghilang-Bekas-Jerawat-dengan-Masker-Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C, vitamin A dan lycopene yang tinggi. Hal ini membuat tomat bagus untuk membersihkan kulit wajah dan membantu menyembuhkan jerawat. Tomat juga dapat dibuat menjadi masker wajah untuk membantu menghilangkan jerawat. Caranya, hancurkan tomat sampai halus. Kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama satu jam lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan selama 1 minggu.

2. Wortel

Seperti halnya tomat, wortel juga mengandung vitamin A yang tinggi. Selain itu, wortel juga kaya akan mineral dan minyak esensial yang bagus untuk membersihkan kulit muka dari jerawat. Mengkonsumsi jus wortel di pagi hari sebelum sarapan dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam. selain itu, wortel juga dapat digunakan sebagai masker untuk penyembuhan jerawat dari luar. Caranya, dengan menghancurkan atau menumbuk wortel sampai halus. Tambahkan satu sendok madu, minyak zaitun, dan beberapa tetes air lemon lalu aduk rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Gunakan rutin setiap malam sebelum tidur.

3. Lemon

masker-alami-130630-b

Lemon kaya akan vitamin C yang bagus untuk membersiuhkan kulit dan memutihkan kulit secara alami. Caranya, peras lemon dan tambahkan sedikit madu. Kemudian oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin.

4. Blimbing wuluh

Buah ini mengandung flavonoid yang sangat tinggi. Hal ini bagus untuk menganggulangi peradangan yang menyebabkan jerawat. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker dari belimbing wuluh adalah, 6 buah belimbing wuluh, 1/2 sendok teh serbuk belerang dan 1 buah jeruk nipis. Cuci bersih belimbing wuluh kemudian haluskan dan campurkan bersama serbuk belerang dan air perasan jeruk nipis. Jika kesulitan dalam menyediakan serbuk belerang, cukup dengan belimbing wuluh saja, dicampur dengan sedikit garam kemudian dihaluskan. Jika sudah menjadi masker, oleskan merata pada wajah atau bisa juga digosok-gosokan pada daerah yang timbul jerawat. Penggunaannya maksimal dua kali dalam seminggu.

5. Papaya

pepa

Papaya kaya akan enzim papain yang berguna untuk mengurangi peradangan dan membantu mencegah terbentuknya nanah pada jerawat. Masker papaya dapat dibuat dengan cara menghaluskan papaya secukupnya. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Alpukat

Alpukat mengandung asam amino dan kaya akan serat, serta memiliki zat anti pembekuan darah dan mengandung indeks gylcemic yang baik bagi kulit untuk melindungi kulit dari kerusakan dan radikal bebas. Untuk mengatasi jerawat menggunakan alpukat dapat dulakukan dengan cara menjadikannya masker. Hancurkan alpukat sampai halus. Tambahkan satu sendok madu. Oleskan pada wajah terutama pada area yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas menggunakan dengan air hangat.

7. Strawberry

Untuk mengatasi jerawat dengan stroberi, bisa dengan cara mengolahnya menjadi masker wajah. Siapkan secangkir buah stroberi segar, satu butir putih telur dan dua sendok teh madu. Campurkan buah stroberi yang telah dilembutkan bersama putih telur dan madu hingga merata lalu oleskan menyeluruh ke wajah. Diamkan sekitar 10-20 menit lalu bersihkan dengan air dingin atau air hangat. Kandungan saliculc acid dalam stroberi merupakan bahan pengering yang mampu membatu mengurangi jerawat.

 

Butuh kesabaran untuk menghilangkan jerawat dengan cara alami, namun mengingat efek samping penggunaan kosmetik penghilang jerawat yang mengandung bahan-bahan kimia, alangkah lebih baiknya jika menggunakan bahan alami seperti buah-buahan untuk mengatasi jerawat. Selamat tinggal jerawat!