Banyak Makan Pedas Bikin Usus Buntu Ternyata Mitos, Ini Penjelasannya!

Banyak Makan Pedas Bikin Usus Buntu Ternyata Mitos, Ini Penjelasannya!

KabarDunia.com – Bagi Anda penyuka kuliner pedas, pasti Anda sering mendengar sebuah mitos yang mengatakan bahwa dilarang untuk banyak mengonsumsi cabai karena bijinya bisa membuat terkena radang usus buntu. Mitos ini pun dipercaya oleh banyak orang.

Pertanyaannya adalah, benarkah dengan makan biji cabai atau tidak sengaja menelan biji cabai dapat menyebabkan penyakit usus buntu?

“Dalam sejumlah kasus, radang usus buntu memang disebabkan oleh biji ataupun zat-zat yang tidak bisa tercerna lainnya yang tak sengaja nyasar masuk ke usus buntu. Meskipun begitu, kasus radang usus buntu karena terlalu banyak makan pedas tersebut sangatlah langka. Mungkin hanya ada 1 kasus banding 2.000 kasus,” jelas para peneliti dari jurnal Nutrifood Research Center.

“Hal ini bisa terjadi karena tubuh mempunyai sebuah pertahanan sendiri yang bakal membuang dengan sendiri senyawa yang tidak bisa tercerna dalam tubuh sehingga terkena radang usus buntu yang disebabkan oleh biji tersebut bisa dibilang sangat jarang terjadi.”

Lantas, sebenarnya apa yang bisa menjadi penyebab utama dari penyakit radang usus buntu? Radang usus buntu sendiri disebabkan oleh adanya cairan feses yang salah ‘belok’ serta terjebak di dalam usus buntu. Selain itu adanya penumpukkan lendir alias mucus pun juga bisa menjadi penyebab dari usus buntu. Baik itu lendir maupun feses itu nantinya akan mengeras serta membentuk fecalith atau sering disebut batu fekal yang kemudian bakal menutup akses untuk masuk ke dalam usus buntu. kemudian berkembanglah bakteri jahat didalamnya yang dapat menyebabkan peradangan.