Inilah 6 Khasiat Asam Jawa bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!

Inilah 6 Khasiat Asam Jawa bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!

KabarDunia.com Asam Jawa merupakan buah yang mempunyai beberapa kegunaan, baik dalam pengobatan maupun kuliner. Nama ilmiah dari buah yang satu ini merupakan Tamarindus indica. Tanaman ini sendiri diperkirakan bisa sampai ke benua Asia kurang lebih sekitar 5.000 tahun silam. Nah, berikut ini merupakan enam khasiat dari asam Jawa bagi kesehatan tubuh anda, semacam yang dilansir oleh organicfacts.net.

1. Jantung

Asam Jawa manjur dalam mengurangi tekanan darah serta kolesterol darah. Kandungan vitamin C-nya yang cukup melimpah pada asam Jawa pun bisa menjadi antioksidan yang berguna untuk mengurangi efek dari radikal bebas, yang dimana radikal bebas bisa memicu sejumlah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Fungsi saraf

Salah satu dari unsur vitamin yang cukup signifikan dari asam Jawa merupakan vitamin B kompleks. Tiamin, merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari kandungan vitamin B, tak sedikit yang ditemukan di dalam asam Jawa. Tiamin kuga bertanggung jawab untuk menambah fungsi saraf, dan pengembangan otot, yang bisa menolong Kamu selalu aktif.

3. Mengontrol berat badan

Salah satu jenis senyawa unik yang bisa diambil dari asam Jawa merupakan asam hidroksisitrat. Senyawa itu bisa menolong untuk menurunkan berat badan sebab senyawa ini dipercaya bisa menghambat enzim di dalam tubuh yang dengan cara khusus menolong menyimpan lemak. Tidak hanya itu, asam Jawa pun juga diketahui bisa menekan nafsu makan dengan cara menambah neurotransmitter serotonin dalam tubuh.