Tips Memilih Susu Formula Bayi yang Tepat

Tips Memilih Susu Formula Bayi yang TepatSusu Formula yang tepat sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi

KabarDunia.com Susu bayi merupakan pelengkap ataupun pengganti ASI bagi bayi. Susu bayi biasanya memiliki manfaat yang sama denggan ASI yaitu sebagai penambah nutrisi untuk bayi. Susu yang teapt untuk bayi banyak dijual dipasaran. Namun setiap bayi biasanya memiliki kecenderungan mengkonsumsi susu bayi yang berbeda tergantung selera bayi tersebut. Pada dasarnya kandungan nutrisi pada susu bayi sama, namun yang membedakan adalah jenis susu yang digunakan sesuai dengan umur bayi yang bersangkutan. Berikut ini adalah tips memilih susu bayi yang menyehatkan, antara lain:

Menyesuaikan dengan Usia Bayi

Memilih susu untuk bayi tentunya harus memperhatikan usia bayi tersebut. Usia bayi sangat menentukan jenis susu yang digunakan sebab nutrisi pada setiap usia berbeda. Sehingga Anda sebagai orang tua harus cermat memilih jenis susu. Pemilihan jenis susu bayi biasanya lebih dikarenakan faktor perkembangan pencernaan sang bayi. Untuk usia 00-6 bulan sistem pencernaan bayi belum sempurna sehingga belum cocok untuk diberikan susu formula. Sedangkan untuk usia 6 bulan ke atas sudah dapat diberikan susu formula dengan nutrisi yang komplit.

Menyesuaikan dengan Tingkat Alergi Bayi

Bayi biasanya memiliki tingkat alergi yang berbeda. Jenis susu yang dapat digunakan adalah susu formula, susu dari kedelai, dan susu elemental. Apabila bayi Anda tidak cocok dengan susu formula yang ddijual dipasaran, Anda dapat menggantinya dengan susu yang berbahan dasar kedelai. Apabila bayi Anda tetap alergi dengan susu formula ataupun susu kedelai Anda dapat menggantinya dengan menggunakan susu elemental. Susu elemental adalah susu dengan formulasi rendah lemah namun gizinya diperbanyak. Ini sangat dianjurkan oleh dokter anak apabila anak Anda alergi terhadap susu formula dan susu kedelai.

Cara tersebut dapat Anda lakukan karena susu merupakan sumber nutrisi yang sangat penting dalam masa pertumbuhan bayi. Pastikan anak Anda tetap mendapat nutrisi yang cukup dari susu dan menyehatkan sang bayi.