Ini 4 Penyebab Gigi Sensitif yang Sering Diabaikan

Ini 4 Penyebab Gigi Sensitif yang Sering Diabaikan

KabarDunia.com Gigi sensitif bukanlah sesuatu hal yang bisa dianggap dengan sepele. Setiap hari kita mengonsumsi berbagai makanan serta minuman yang mempunyai beberapa tipe karakter, baik itu bersifat panas, dingin, asam, manis serta sebagainya. Yang belum kita sadari selama ini, nyatanya interaksi gigi dengan beberapa karakter makanan akan memunculkan reaksi yang berbeda-beda, termasuk di dalamnya rasa ngilu dampak dari gigi sensitif.

Lantas apa saja yang menyebabkan gigi sensitif? Menurut Laura Zaizavonna, GSK Oral Care Expert Marketing Consultant, rasa ngilu dampak gigi sensitif terjadi sebab adanya penipisan pada lapisan luar gigi jadi lapisan tengah gigi, atau yang disebut dengan istilah ‘dentin’ menjadi terbuka.

“Dentin sendiri terdiri atas tabung-tabung kecil yang saling menyambung ke ujung saraf serta dipenuhi dengan cairan. Jika dentin yang terbuka ini mengenai rangsangan dari makanan maupun minuman yang bersifat panas, dingin, manis, atau pun asam, jadi bisa menyebabkan cairan ini menjadi bergerak. Gerakan dari cairan inilah yang menyebabkan pada ujung saraf bereaksi serta memicu timbulnya rasa ngilu yang pendek namun  tajam,” katanya, semacam ditulis Rabu (1/4/2015).

Penyebabnya gigi sensitif bisa berbagai macam, kata dia. Tidak hanya cara menyikat gigi yang salah, gangguan yang terjadi pada gusi serta jaringan penyangga gigi, kebiasaan yang kurang baik Clenching/bruxism serta adanya penipisan atau hilangnya lapisan terluar dari gigi (email/sementum) yang menyebabkan dentin menjadi terbuka bisa juga menjadi pemicu dari gigi sensitif.

“Yang wajib disadari untuk menanggulangi gigi sensitif, bisa dilakukan dengan cara penggunaan pasta gigi dengan teknologi NovaMin yang sanggup membentuk kembali lapisan mineral yang ada pada gigi secara alami untuk melindungi pada area gigi yang sensitif. Teknologi ini juga bekerja dengan cara  alami ketika bercampur dengan air liur yang ada di dalam mulut, dimana ia bakal menghasilkan ion kalsium serta fosfat yang menolong pembentukan kembali lapisan mineral gigi pada dentin,” jelasnya.

Di segi lain, dua orang profesor yang berasal dari University of Maryland, Baltimore, Amerika Serikat, yaitu Dr. Gary Hack serta Dr. Leonard Litkowski, mengembangkan sebuah teknologi ini mengungkapkan, Novamin sebagai salah satu solusi terdepan untuk menanggulangi serta melindungi gigi dari rasa ngilu dampak gigi sensitif dengan cara cepat serta efektif.