Inilah Manfaat Air Liur Untuk Kesehatan Mulut

Inilah Manfaat Air Liur Untuk Kesehatan Mulut

KabarDunia.com – Selain menjaga untuk mulut supaya tak kering, nyatanya saliva alias air liur mempunyai tak sedikit kegunaaan lainnya. Karena, air liur juga mempunyai kegunaaan untuk melindungi gigi dari kerusakan dengan cara alami.

Hal ini diungkapkan oleh  Dr. Ratna Meidyawati drg. SpKG(K), seorang Pakar konservasi gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, di dalam air liur terkandung fluor serta kalsium. Fluor serta kalsium dipercaya bisa melindungi gigi dari karies serta penumpukan plak pada gigi.

“Nah, buat Kamu yang punya kebiasaan sering membuang air liur, sebaiknya dihentikan sebab air liur punya banyak sekali kegunaaan,” jelas Ratna, di Jakarta.

Lebih lanjut dirinya membahas, kandungan mineral yang ada didalam air liur tersebut bersumber dari asal makanan yang dikonsumsi. Ikan laut semacam teri serta susu adalah salah satu contoh makanan yang mengandung kalsium serta baik untuk pertumbuhan gigi.

Apabila jumlah air liur dalam mulut berkurang, maka bakteri di mulut bisa membuat asam dan terus mengikis email gigi anda. Oleh sebab itu, kualitas air liur wajib dijaga supaya gigi sehat selalu.

Ratna juga menambahkan, ada berbagai kriteria yang turut menentukan sehat atau¬† tidaknya air liur Anda.”(Sistem) air liur yang sehat akan menghasilkan sejumlah 5 ml (milliliter), apabila diperiksa dalam waktu 5 menit. Tidak hanya itu saja, cairannya juga encer serta bening. jika berbusa serta kental, itu artinya air liur anda tak sehat,” pungkasnya.