Kunyit, Tanaman Penyembuh Berbagai Penyakit

Kunyit, Tanaman Penyembuh Berbagai Penyakit

KabarDunia.com – Kunyit merupakan salah satu tipe rempah yang telah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya sebagai pewarna alami kuning, kunyit juga dipakai untuk pemberi rasa pada makanan. Tidak hanya tepat untuk dipakai dalam masakan, kunyit nyatanya juga dapat digunakan sebagai berbagai macam kegunaaan kesehatan. Salah satunya bisa meredakan sakit kepala.

Joy Houston dari Somina Wellness Center di San Diego mengungkapkan bahwa kunyit dapat meredakan sakit kepala dengan sangat baik. Zat curcumin yang ada di dalamnya bekerja sebagai zat anti-peradangan yang memang dapat melemaskan otot untuk mencegah sakit seusai berolahraga.

Menurut Joy, dalam beberapa permasalahan, kunyit bahkan dapat memberbagi efek yang lebih baik dibandingkan obat-obatan alias ibuprofen yang dipasarkan dengan cara bebas. Salah satu kelebihan kunyit dibanding obat merupakan sebab kunyit tidak menyebabkan efek samping apapun.

Selain meredakan sakit kepala, kunyit juga mempunyai beberapa kegunaaan lain. Berikut merupakan kegunaaan lain yang dapat diperoleh dari kunyit, seperti dilansir oleh Pop Sugar (20/02).

1. Meredakan arthritis
Selain mengalami rasa sakit yang biasa, beberapa penderita arthritis juga mengalami nyeri pada daerah persendian. Tetapi dengan kunyit, rasa sakit ini dapat diredakan, yaitu dengan cara mengonsumsi kunyit.

2. Memperbaiki pencernaan
Dalam suatu  penelitian yang dilakukan di Thailand, 87 persen orang yang mengonsumsi kunyit selama tujuh hari maka mereka akan mengalami pembetulan sistem pencernaan serta mengalami penyembuhan dari berbagai macam masalah pencernaan yang mereka alami sebelumnya.

3. Menurunkan berat badan
Dalam suatu  penelitian di Tufts University, peneliti berhasil menemukan bawah pada kunyit dapat menolong dalam proses menurunkan berat badan.

Itulah beberapa kegunaaan dari kunyit untuk kesehatan. Salah satunya merupakan sebagai pereda sakit kepala. So jangan ragu lagi untuk mengambil kunyit saat sakit kepala menyerang!