Jangan Asal, Inilah 3 Aturan Dalam Membersihkan Telinga

Jangan Asal, Inilah 3 Aturan Dalam Membersihkan Telinga

KabarDunia.com Ada beberapa aturan ketika anda membersihkan telinga anda. Aturan tersebut gunanya untuk menjaga telinga anda agar tetap bersih. Selain itu dengan aturan tersebut juga menghindarkan telinga anda dari bahaya kesalahan membersihkan telinga seperti memakai barang yang berbahaya untuk membersihkan tersebut atau menggunakan metode yang salah. Berikut 3 aturan membersihkan telinga tersebut :

  • Cek kondisi telinga

Anda bisa mengecek kesehatan telinga anda selama 6 bulan sekali atau setidaknya setahun sekali ke dokter spesialis THT. Setelah anda cek kondisi kesehatan tersebut biasanya dokter akan memberi prosedur tentang membersihkan telinga yang tepat.

Selain itu jika anda mengunjungi dokter THT telinga anda juga akan dibersihkan menggunakan alat khusus untuk menghilangkan kotoran sehingga menghindari tumbuhnya bakteri dan kuman dalam telinga. Anda bisa berkonsultasi mengenai telinga dan cara untuk menjaganya.

  • Cotton Bud yang tepat

Jika telinga anda dirasa memerlukan pembersihan, anda bisa menggunakan cotton bud yang aman untuk membersihkannya. Gunakan hanya cotton bud dan jangan menggunakan benda lain untuk membersihkan terutama hidari benda yang lancip seperti pensil, lidi, penjepit agar menghindari terjadinya luka pada gendang telinga.

Anda bisa menambahkan minyak olive oil atau minyak herbal untuk membunuh bakteri dan kuman dalam telinga anda. Bersihkan secara pelan-pelan dan jangan terlalu dalam.

  • Setelah mandi bersihkan telinga

Waktu yang tepat untuk membersihkan telinga adalah saat sehabis mandi. Dalam kondisi tersebut telinga masih dalam keadaan yang basah dan mudah dibersihkan menggunakan cotton bud. Selain itu jika anda mengunjungi dokter THT nantinya juga akan diberi obat cair yang bisa anda gunakan untuk membersihkan telinga anda.

Cukup mudah bukan untuk membersihkan telinga. Yang terpenting saat membersihkan adalah jangan terlalu dalam agar tidak mengenai gendang telinga.