Sering Dilakukan, Ternyata 3 Hal Ini Penyebab Ginjal Rusak

Sering Dilakukan, Ternyata 3 Hal Ini Penyebab Ginjal Rusak

KabarDunia.com Ginjal merupakan organ yang sangat penting sekali dan berguna untuk menyaring darah. Ginjal berukuran kecil namun fungsinya pada tubuh sangat besar sekali. Jika organ satu ini terserang penyakit atau gagal fungsinya akan sangat berbahaya.

Manusia memang bisa hidup dari satu ginjal namun kita tidak bisa membiarkan begitu saja ginjal yang satunya untuk rusak. Gangguan ginjal akan menyebabkan beberapa penyakit seperti komplikasi dan kerusakan sistem lainnya. Berikut penyebab kerusakan ginjal tersebut.

  • Dehidrasi

Jika anda kekurangan air dalam tubuh anda akan menyebabkan dehidrasi. Hal tersebut akan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kekentalan darah. Ini akan mengganggu sekali untuk kinerja ginjal yang bekerja keras dalam menyaring darah. Dehidrasi tersebut juga akan menyebabkan disfungsi ginjal dan nantinya jika ginjal rusak akan menyebabkan komplikasi berat. Untuk menanggulanginya minum cukup air putih dengan minimal 8 gelas sehari.

  • Lama menahan kencing

Jangan pernah menahan kencing terlalu lama karena akan menyebabkan resiko serius jangka panjang pada ginjal. Jika anda terus menerus menahan kencing ini akan menganggu kesehatan dan kerja ginjal yang nantinya akan rusak. Pada wanita yang menahan kencing terlalu lama akan menyebabkan infeksi saluran kemih. Hati –hati jika anda sedang menahan kencing tersebut, segera pergi ke kamar kecil untuk alasan kepentingan kesehatan.

  • Alkohol dan rokok

Kebiasaan merokok dan meminum minuman yang mengandung alkohol juga tidak akan baik untuk kesehatan tubuh anda. Resiko akan terjadi pada ginjal anda yang menyaring air seni anda. Kerusakan ginjal yang berlebih menjadi penyakit serius dan sulit tertangani. Untuk alasan kesehatan anda bisa mulai meninggalkan kebiasaan merokok dan kebiasaan meminum alkohol.