Pentingnya Merawat Jantung

Pentingnya Merawat Jantung

KabarDunia.comJantung adalah organ yang mengendalikan seluruh organ tubuh manusia. Jadi 98 % hidup kita digantungkan pada jantung kita, maka dari itu betapa pentingnya merawat jantung. Mengapa? Jelas saja, karena hidup kita bergantung pada jantung, sebab jantung adalah pusat dari seluruh peredaran darah yang ada didalam tubuh manusia, apa bila jantung kita dalam keadaan sehat, maka tubuh kita akan selalu sehat juga, tapi bisa sebaliknya, jika jantung kita sakit / terkena gangguan, maka tubuh kita juga tidak akan sehat.

Disini penulis akan menjelaskan pentingnya merawat jantung serta penyakit apa saja yang mudah masuk kedalam jantung kita dan bagaimana cara mencegah penyakit bersarang pada jantung kita. Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang jantung, antara lain :

  • Penyakit jantung koroner : yaitu penyumbatan pada pembuluh darah yang memasok oksigen menuju aliran darah diseluruh tubuh dan akan menyebabkan jantung kekurangan oksigen serta nutrisi. Ada pun gejala penyakit ini adalah sering mengalami sesak nafas , nyeri pada dada, mengeluarkan keringat dingin , denyut jantung setiap hari tidak teratur.
  • Penyakit otot jantung : yaitu fungsi otot jantung yang mengalami penurunan dan bisa mengalami gagal jantung.
  • Gagal jantung : yaitu gangguan fungsional pada jantung yang bisa menyebabkan proses atau fungsi jantung jadi terhenti atau mengalami keterlambatan. Cirinya mengalami pembengkakan pada hati.
  • Jantung hipertensi : tekanan darah yang terlalu tinggi adalah penyebab penyakit jantung ini. Ciri – ciri nya ialah sering merasakan jantung berdebar debar dan sesak napas .
  • Peradangan otot jantung : yaitu penyakit yang disebab kan oleh infeksi dan virus yang masuk kedalam jantung.

Diatas adalah bebrapa penyakit yang bisa saja menyerang jantung kita sewaktu – waktu. Dan adapun cara agar kita terhindar dari penyakit jantung ialah :

  1. Rajinlah berolahraga dan menghirup udara pagi.
  2. Menjaga pola makan agar selalu teratur dan seimbang.
  3. Konsumsi sayuran yang banyak dan rendah lemak.
  4. Istirahat yang cukup untuk mengontrol jantung.
  5. Melakukan rutinitas jalan cepat atau lari selama satu jam perhari nya.
  6. Tidak merokok dan tidak berdekatan dengan para perokok.

Banyak orang yang tidak perduli pada aktivitas apa yang dia lakukan sehari hari. Selalu mengontrol kegiatan kita baik pada makanan atau aktivitas sehari hari adalah wujud bahwa pentingnya merawat jantung kita untuk masa depan yang lebih sehat. Hanya itu yang penulis dapat sampaikan. mencari informasi di internet juga menambah wawasan kita agar selalu berhati – hati dalam setiap langkah yang kita lakukan, agar tidak berdampak negatif pada hidup.semoga bermanfaat.