6 Tips Mudah Meningkatkan Berat Badan Bayi

6 Tips Mudah Meningkatkan Berat Badan Bayi

KabarDunia.com – Bayi memiliki tingkat pertumbuhan yang berbeda ada yang gemuk dan ada yang kurus. Orang tua sering menjadi khawatir ketika bayi mereka tampak terlalu kurus. Namun selama bayi anda tetap diatas atau pada kurva pertumbuhan yang baik setiap bulannya, orang tua tidak perlu khawatir dengan bayi yang kurus karena masih banyak cara untuk membuatnya sesuai dengan yang kita inginkan untuk para orang tua.

Berikut ini yang coba penulis berikan tentang 6 Tips Mudah Meningkatkan Berat Badan Bayi Anda.

  1. Berhenti atau mengurangi makanan padat yang anda berikan pada bayi, terutama jika bayi anda berusia kurang dari 6 bulan. Sebagian besar makanan padat yang ada di pasaran memiliki kandungan kalori dan nutrisi yang lebih sedikit daripada ASI anda, jadi ASI lebih bergizi dari makanan tambahan lain.
  2. Tidur dekat dengan bayi anda. Tidur dekat bayi akan meningkatkan prolaktin dan frekuensi anda menyusui bayi anda. Sehingga bayi terhindar dari dehidrasi akibat kekurangan ASI.
  3. Pelajari teknik pijat bayi. Teknik pijat bayi telah terbukti berhasil untuk meningkatkan pencernaan dan berat badan bayi.
  4. Membawa bayi sepanjang hari dalam gendongan bayi serta sering melakukan kontak kulit dengan bayi anda. Kedua hal ini telah terbukti dapat meningkatkan berat badan bayi anda .
  5. Sering menyusui meningkatkan kualitas dan kuantitas susu bayi (ASI) . Pastikan Anda membiarkan bayi Anda untuk benar-benar menyelesaikan satu sisi sebelum anda menawarkan sisi lain dengan menunggu isyarat bahwa dia sudah selesai ; yaitu bayi menarik diri dari diri anda, terlihat ekspresi puas pada wajah bayi atau bayi mengantuk akan tidur.
  6. Gunakan pijat payudara dan kompresi payudara selama menyusui . Jika Anda memompa , gunakan tangan pada teknik pemompaan. Pompa atau express tangan selama beberapa menit sebelum menyusui . Ini akan membuang beberapa foremilk sehingga bayi anda menerima hindmilk yang mengandung kalori yang lebih tinggi. Ibu dapat memompa payudara selama 5-10 menit setelah menyusui untuk merangsang produksi hindmilk yang tinggi lemak yang bayi yang perlukan untuk menambah berat badannya .

Semoga 6 Tips Mudah Meningkatkan Berat Badan Bayi ini dapat berguna, namun jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan perkembangan bayi anda ke dokter.