Benarkah Green Coffee Pelangsing Manjur untuk Diet? Ini Ulasannya!

Benarkah Green Coffee Pelangsing Manjur untuk Diet Ini Ulasannya! KabarDunia.com_Benarkah-Green-Coffee-Pelangsing-Manjur-untuk-Diet-Ini-Ulasannya_Green Coffee

KabarDunia.com Green bean atau yang banyak dikenal dengan nama green coffee atau kopi hijau ini berbeda dengan kopi biasanya yang diminum. Tidak hanya karena warnanya namun juga disebabkan karena proses pembuatannya. Jika kopi biasa harus di sangrai atau di roasting lebih dahulu maka kopi hijau tidak diroasting sehingga menyebabkan biji kopi menjadi berwarna hijau. Ada banyak manfaat mengkonsumsi kopi hijau dan salah satunya adalah menurunkan berat badan. Tapi, apakah benar green coffee pelangsing manjur untuk menurunkan berat badan?

Gagasan awal dikemukakan oleh Dr Mehmet Oz atau yang lebih dikenal dengan dokter Oz dimana di tahun 2012 ia menunjukkan pil yang terbuat dari ekstrak kopi green bean dan mengemukakan sejumlah fakta jika green bean tersebut dapat menurunkan berat badan. Walaupun Dr. Oz mengemukakan fakta tersebut, namun tidak sedikit yang membantah pemikiran tersebut sehingga hingga kini masih banyak pro dan kontra mengenai manfaat kopi hijau untuk menurunkan berat badan.

Dari penelitian yang pernah diterbitkan pada Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine menyebutkan jika suplemen harian dari biji kopi hijau mampu untuk mengurangi berat badan dan lemak yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena asam klorogenat yang tinggi di dalam kopi hijau sebab kopi tersebut tidak di sangrai seperti halnya biji kopi lainnya sehingga kandungan tersebut bisa terserap dan tercerna dengan baik oleh tubuh.

Biji kopi arabika yang masih berwarna hijau diambil ekstraknya dan menghasilkan GCE atau green coffee extract yang dianggap mampu untuk menurunkan berat badan. GCE ini rendah kafein serta tidak menimbulkan efek stimulan. Asam klorogenatini dipercaya dapat membantu meningkatkan aktivitas gen PPARalpha yang mampu untuk menghilangkan lemak karena gen tersebut bisa mengurangi sel lemak baru dengan melalui efek antioksidan.

Di tahun 2007, dalam jurnal yang diterbitkan yaitu Journal of International Medical Research mengemukakan jika GCE yang terkandung di dalam kopi hijau tersebut mampu untuk menurunkan berat badan sekitar 5 kg dalam kurun waktu 12 minggu jika diimbangi dengan olahraga. Hal ini jelas lebih efektif dibandingkan dengan mengkonsumsi kopi biasa yang hanya bisa menurunkan berat badan sebanyak 1 kg saja. Karena hal tersebut tidak sedikit yang mengkonsumsi green coffee pelangsing.

Sebelum mengemukakannya ke publik, Dr. OZ pernah melakukan percobaan terhadap 100 wanita yang diambil dari penonton yang ada di studio yang datang ke acaranya. Responden tersebut diberikan biji ekstrak kopi hijau serta jenis pil uang berisi placebo selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, kelompok wanita yang diberi dan mengkonsumsi ekstrak biji kopi memiliki penurunan berat badan rata-rata 0,9 kg sedangkan kelompok yang diberi placebo hanya memiliki penurunan berat badan rata-rata sebanyak 0,45 kg.

Akan tetapi, dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, sebuah analisis independen menguji coba ekstrak dari green been tersebut secara acak ke 142 partisipan. Dan hasil yang diperoleh adalah ternyata mengkonsumsi ekstrak biji kopi hijau tidak memberikan efek sedrastis yang diberikan. Meskipun green coffee pelangsing mampu menurunkan lemak sehingga berat badan berkurang namun, jumlah penurunan lemak tidak sebanyak atau sedrastis yang dipikirkan. Karena hal tersebut, mampu tidaknya kopi hijau untuk menurunkan berat badan dan cocok dikonsumsi diet secara efektif, tergantung dari usaha diet Anda, misalnya diet akan lebih efektif jika mengkonsumsi green coffee diimbangi dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat.