Tata Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Secara Benar

Tata Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Secara Benar KabarDunia.com_Tata-Cara-Perawatan-Bayi-Baru-Lahir-Secara-Benar_Perawatan Bayi

KabarDunia.com – Merawat bayi yang baru lahir adalah pekerjaan dan tugas yang tidak mudah bagi para orang tua. Pasalnya, ada banyak hal yang harus dipelajari supaya perawatan bayi bisa dilakukan dengan maksimal. Jika hal ini tidak dilakukan dengan baik, tentu saja akan memberi pengaruh yang buruk terhadap kesehatan dan kenyamanan si kecil saat beraktivitas. Perawatan yang tidak baik juga bisa memicu berbagai macam resiko yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa tata cara perawatan yang harus dilakukan oleh para orang tua terhadap bayi yang baru lahir ke dunia, antara lain:

  • Kebersihan.

Menjaga kebersihan saat melakukan perawatan terhadap bayi sangatlah penting dan wajib dilakukan oleh semua orang tua. Kebersihan tangan saat memegang dan menggendong bayi baru lahir wajib diperhatikan supaya resiko bakteri, kuman dan pengaruh buruk lainnya bisa dicegah. Adanya kontak tangan atau fisik antara orang lain dengan bayi juga harus diperhatikan.

  • Keamanan.

Selain kebersihan, faktor keamanan juga menjadi hal yang penting saat merawat buah hati Anda. Keamanan saat menggendong dan berinteraksi dengan si kecil patut diperhatikan dengan seksama untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan. Saat menggendong bayi baru lahir misalnya, pastikanlah pegangan pada bagian kepala dan leher bayi dilakukan dengan posisi yang benar. Selain itu, jangan pernah mengguncang tubuh bayi untuk mengantisipasi gangguan di bagian kepala atau mengganggu kondisi fisik lainnya.

  • Tata cara memandikan bayi.

Memandikan bayi merupakan salah satu perawatan yang tidak mudah dilakukan. Perlu konsentrasi penuh saat Anda memandikan si kecil di rumah. Sebaiknya, mandi kan bayi menggunakan spons yang lembut untuk menjaga kenyamanan kulitnya. Gunakanlah produk perawatan bayi yang tepat, berkualitas dan aman digunakan tanpa memicu efek iritasi pada kulit bayi yang masih sensitif terhadap suatu benda. Selain itu, penggunaan handuk, waslap dan perlengkapan bayi yang lain juga perlu diperhatikan dengan seksama untuk mencegah resiko gangguan kulit pada anak.

  • Tata cara mengganti popok.

Selain memandikan bayi, mengganti popok juga menjadi salah satu hal penting yang perlu dipelajari oleh para orang tua. Bayi yang baru lahir biasanya mengganti popok secara rutin beberapa kali dalam sehari sehingga perlu diperhatikan tata cara pemasangannya. Sebaiknya, gunakan dan pilihlah popok yang aman dan lembut untuk kulit bayi untuk mencegah resiko iritasi kulit yang sangat sensitif dan rentan. Kemudian, gantilah popok setidaknya 7 hingga 10 kali dalam sehari, tergantung frekuensi buang air yang dilakukan anak. Jangan tunggu hingga kotoran menumpuk di popok karena bisa memicu ruam dan rasa tidak nyaman.

  • Tata cara pemberian susu.

Memberi ASI eksklusif adalah salah satu kewajiban para ibu kepada anak yang baru lahir. Memberi susu eksklusif perlu dilakukan sekiranya 8 hingga 15 kali dalam sehari, tergantung kapasitas perut si kecil. Supaya bayi merasa nyaman, aturlah posisi menyusui yang tepat secara bergantian. Selain itu, jangan tunggu hingga bayi berteriak atau menangis terlebih dahulu untuk meminta ASI supaya ia tak merasa kehausan.

Itulah beberapa tata cara perawatan pada bayi yang dapat Anda ikuti dari sekarang untuk merawat si kecil dengan baik dan benar. Faktor kebersihan dan keamanan perawatan bayi perlu ditingkatkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan. Selain itu, cara memandikan, mengganti popok dan menyusui juga menjadi hal utama yang tak kalah penting untuk dipelajari semua orang tua agar si kecil selalu terawat dan merasa nyaman.