Jenis-jenis Senam Ibu Hamil

Jenis-jenis Senam Ibu Hamil

KabarDunia.com Dikalangan ibu hamil, senam ibu hamil sedang menjadi kegiatan yang marak dilakukan. Tujuan dari senam ini adalah untuk memperlancar proses persalinan. Senam ibu hamil juga sangat disarankan oleh para dokter kandungan. Alasannya adalah selain untuk memperlancar pada saat proses persalinan, senam ini mampu memberikan kesehatan pada ibu hamil dan janinnya. Ada beberapa gerakan senam ibu hamil yang dapat Anda lakukan untuk memperlancar proses persalinan, antara lain:

  • Senam Kegel

Senam Kegel adalah senam peregangan otot dan menguatkan panggul ibu hamil karena senam ini mampu melatih dan menguatkan otot-otot sekitar uretra, rahim, dan rektum dan kandung kemih sehingga mampu memperlancar proses persalinan.

  • Senam Jongkok

Pada senam jongkok gerakan yang dapat Anda lakukan adalah berdiri pada posisi tegap, kemudian perlahan-lahan Anda menurunkan badan hingga tepat pada posisi jongkok dengan punggung tetap tegak.tahan tubuh pada posisi jongkok hingga 10 detik lalu kembali ke posisi berdiri. Lakukan beberapa kali dengan pola yang sama. Senam ini juga mampu memperlancar proses persalinan Anda.

  • Senam Memiringkan Panggul

Pada posisi senam memiringkan panggul dapat memperkuat otot perut dan dapat meredakan sakit pinggang terutama pada trisemester ketiga. Cara melakukan senam ini adalah dengan posisi merangkak dan posisi kepada sejajar dengan punggung. Lalu gerakan kepala pada posisi tengadah ke atas dan lakukan tarik nafas. Anda dapat melakukannya dengan rutin dan santai.

  • Pose Tailor

Pose Tailor atau lebih dikenal dengan pose kupu-kupu pada yoga adalah gerakan senam ibu hamil yang dilakukan dengan menyandarkan tubuh Anda pada dinding secara tegak dan kedua kaki saling bersentuhan. Kemudian lakukan gerakan pada paha ke bawah dan ke atas berulang kali. Gerakan ini mampu melatih otot paha dan menghilangkan ketegangan pada punggung ibu hamil. Lakukan dalam waktu 10-20 detik setiap gerakan.

Masih banyak gerakan lainnya yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Namun contoh-contoh gerakan diatas dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan gerakan Senam Ibu Hamil. Semoga menyehatkan dan selamat mencoba.