Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

KabarDunia.com Pada usia kehamilan muda memang menjadi waktu yang rawan dalam perkembangan janin selanjutnya. Untuk itu diperlukan nutrisi dari makanan-makanan yang sehat pada saat hamil muda. Pada waktu tersebut janin sedang dalam proses perkembangan yang sangat signifikan seperti pembentukan beberapa bagian tulang muda dan sistem saraf. Oleh karena itu asupan nutrisi dari makanan yang sehat sangat diperlukan. Hal seperti ini masih banyak disepelekan oleh para ibu hamil, padahal saat seperti ini menjadi waktu yang sangat krusial dalam masa perkembangan bayi. Kebanyakan cacat pada janin terjadi pada masa awal kehamilan. Ibu hamil perlu waspada dalam hal ini namun tidak perlu cemas karena nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan-makanan sehat. Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang dapat dikonsumsi adalah makanan yang mengandung nutrisi seperti berikut ini, antara lain:

  • Beras Merah atau Coklat

Beras merah atau coklat mengandung banyak karbohidrat kompleks dibandngkan dengan beras putih sehingga lebih baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk perkembangan janinnya. Beras merah atau coklat juga mengandung serat yang baik untuk saluran pencernaan. Serat tersebut mampu membantu dalam pencernaan sehingga dapat mencegah gejala sembelit yang biasanya dialami pada masa kehamilan muda.

  • Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C dan Zat Besi

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi mampu membuat daya tahan tubuh semakin baik atau dengan kata lain dapat menjaga imunitas tubuh, terutama saat kondisi hamil muda. Pada saat hamil muda tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit karena imunitas yang menurun akibat perubahan keadaan tubuh yang sedang mengandung janin. Selain itu vitamin C juga membantu menyerap zat besi yang dikonsumsi. Tanpa vitamin C maka konsumsi zat besi akan sia-sia karena akan kurang maksimal penyerapan zat besi pada sel darah merah. Vitamin C yang tinggi dapat diperoleh dari buah-buahan segar seperti pisang, apel dan melon. Selain itu zat besi juga sangat berpengaruh karena sebagai penambah darah, sebab ibu hamil muda sering rentan terkena anemia. Vitamin C dan zat besi sangat berkaitn satu sama lain sehingga harus dikonsumsi secara seimbang.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda intinya harus dimasak secara matang. Kuman yang menempel akan mempengaruhi kehamilan Anda para ibu yang sedang hamil muda.