Susu Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Susu Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

KabarDunia.com Ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi yang sangat komplit. Berbagai nutrisi tersebut seeperti vitamin, protein, asam folat dan lainnya dapat Anda peroleh dari susu. Berbagai jenis susu yang tersedia dipasaran sangat cocok untuk ibu hamil. Susu sapi dan susu kedelai dapat menjadi pilihan yang dapat Anda konsumsi selama masa kehamilan. Namun perlu diperhatikan berbagai jenis kandungan nutrisi yang ada pada susu tersebut. Nutrisi susu yang cocok untuk ibu hamil sebaiknya memenuhi kompisisi berikut, antara lain:

  • AA dan DHA

AA dan DHA biasanya sering dijumpai dari susu formula yang dijual dipasaran. AA dan DHA memberikan manfaat untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya seperti membantu perkembangan sistem saraf pusat yang menjadi inti dari perkembangan manusia. Selain itu AA dan DHA membuat perkembangan janin menjadi normal.

  • Asam Folat

Asam folat merupakan pembeda nutrisi yang terdapat pada susu biasa dengan susu untuk ibu hamil. Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena membuat dan membentuk materi genetik dalam masa kehamilan. Asam merupakan bagian dari vitamin B kompleks, yaitu B9. Asam folat juga merupakan pembentuk sel darah merah pada manusia sehingga apabila asam folat kurang tercukupi maka asupan sel darah merah kepada janin akan terhambat. Akibat dari kurangnya pemenuhan kebutuhan asam folat adalah kelak janin dapat menderita penyakit sepert alzheimer, beberapa jenis kanker dan stroke. Untuk itu asupan asam folat harus sangat dijaga. Asam folat sangat dibutuhkan mulai dari awal kehamilan untuk memperkuat daya tahan janin dalamkandungan. Sebab kelainan pada janin banyak terjadi pada awal kehamilan.

  • FOS

FOS atau kependekan dari Fructooligosaccharides merupakan nutrisi yang membantu ibu hamil untuk memperkuat daya tahan tubuhnya yaitu dengan mendukung berkembangnya bifidobacteria di saluran pencernaan. Bifidobacteria berfungsi memfermentasi FOS menjadi asam asetat dan asam laktasit yang meningkatkan fungsi saluran pencernaan sehingga meningkatkan imunitas.

Itulah beberapa komponen nutrisi Susu yang Cocok untuk Ibu Hamil. Bagi Anda yang sedang mengandung sebaiknya meminum susu yang mempunyai kandungan nutrisi tersebut demi janin Anda yang lebih baik dan tetap sehat.