Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

KabarDunia.com – Alpukat merupakan buah yang memiliki rasa agak pahit namun memiliki banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil. kandungan nutrisi yang terdapat pada alpukat yaitu asamfolat atau vitamin B9. Asam folat sangat membantu perkembangan sistem saraf pusat janin yang baru berkembang. Selain itu manfaat asam folat yaitu untuk mempertahankan DNA dan RNA yang merupakan bahan utama penyusun genetik pada janin. Namun sebagian ibu hamil enggan mengkonsumsi alpukat karena banyak mengandung lemak dibandingkan dengan buah lainnya. Namun lemak yang ada pada alpukat adalah lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan ibu dan janin. Manfaat alpukat untuk ibu hamil, antara lain:

  • Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Bayi yang akan dilahirkan oleh ibu hamil kemungkinan akan terlahir cacat apabila ibu hamil dalam masa kehamilan sangat sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan janin mulai dari awal hingga akhir. Tanpa mengecilkan nutrisi yang lainnya, asam folat adalah salah satu nutrisi terpenting yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. untuk itu agar bayi Anda terlahir sehat maka seringlah mengkonsumsi alpukat.

  • Mempengaruhi Perkembangan Fungsi Otak Janin

Janin selalu berkembang pada setiap usia kehamilan. Asam folat merupakan nutrisi utama yang berperan penting dalam perkembangan janin, termasuk dalam hal perkembangan otak. Untuk itu bagi Anda para ibu hamil apabila tidak menginginkan bayi Anda terlahir dengan kelainan fungsi otak, maka konsumsillah alpukat yang kaya akan asam folat. Asam folat memiliki kemampuan untuk membantu dalam pembentukan fungsi otak pada janin.

  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ternyata asam folat memiliki manfaat bukan untuk janin saja, tetapi juga untuk ibu hamil. apabila ibu hamil kurang mengkonsumsi asam folat maka ibu hamil akan terkena penyakit seperti anemia, mudah lupa, keletihan, sulit tidur hingga penyakit kronis seperti kanker usus, kanker pankreas dan kanker payudara. Untuk itu sebaiknya ibu hamil banyak mengkonsumsi alpukat yang pastinya kaya akan asam folat agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Itulah beberapa Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil yang dapat Anda ketahui. Smoga menambah pengetahuan Anda.