Pentingkah Puasa Untuk Ibu Hamil?

Pentingkah Puasa Untuk Ibu Hamil

KabarDunia.com Puasa secara makna umum adalah menahan haus dan lapar mulai dari waktu subuh hingga petang. Puasa memang merupakan sebuah kebiasaan baik, tak terkecuali bagi para ibu hamil. Puasa untuk ibu hamil merupakan suatu kebiasaan yang dapat mencegah berbagai penyakit yang sewaktu-waktu dapat mendera ibu hamil. Puasa pada ibu hamil dapat dilakukan namun dengan melihat kondisi keehatannya terlebh dahulu. Bagi Anda yang sedang mengandung sebaiknya jangan terlalu memaksakan puasa karena akan mengganggu kesehatan Anda dan janin yang sedang Anda kandung. namun masih pentingkah puasa untuk ibu hamil? Berikut adalah gangguan yang dialami oleh ibu hamil yang diarankan untuk tidak berpuasa, antaralain:

  • Si Ibu Menderita Diabetes

Apabila seorang ibu hamil menderita penyakit diabetes disarankan tidak melakukan puasa. Alasannya adalah karena penderita diabetes harus melakukan serangkaian pengobatan dan juga mengkonsumsi obat yang dianjurkan dokter sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan puasa. Selain itu ibu hamil yang menderita diabetes harus mengatur pola makan agar gula darah tetap pada kondisi normal.

  • Si Ibu Menderita Hipertensi

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan oleh naik turunnya tekanan darah. Ibu hamil yang menderita hipertensi sebaiknya tidak melakukan puasa karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan hingga kematian pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

  • Si Ibu Menderita Maag

Maag merupakan pada sistem pencernaan yang terjadi pada lambung. Maag membutuhkan pencegahan seperti pola makan yang teratur. Sehingga apabila ibu hamil menderita maag, sebaiknya tidak disarankan untuk melakukan puasa sebab akan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Untuk itu para ibu hamil yang menderita maag sebaiknya mengatur pola konsumsi makan yang teratur demi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Jadi menurut Anda, masih Pentingkah Puasa Untuk Ibu Hamil? semua dikembalikan tergantung kondisi kesehatan ibu hami saat akan puasa dan jangan lupa memperhatikan kesehatan sang janin karena itulah yang harus Anda utamakan.