Vitamin Yang Diperlukan untuk Ibu Hamil

Vitamin Yang Diperlukan untuk Ibu Hamil

KabarDunia.com Ibu hamil sangat perlu menjaga kesehatan dirinya dan janin dalam rahimnya. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus dalam asupan nutrisi selama proses mengandung. Tujuannya adalah selain membuat ibu sehat, janin didalam kandungan juga akan sehat dan terhindar dari kecacatan lahir. Salah satu nutrisi yang perlu diperhatikan adalah masalah vitamin yang diperlukan untuk ibu hamil. Vitamin merupakan zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pengaturan kegiatan tubuh, terlebih untuk ibu hamil. Kebutuhan vitamin bagi ibu hamil sangat vital sehingga harus terpenuhi dengan cukup. Berikut adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, antara lain:

  • Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama untuk Anda yang baru mengalami kehamilan pada triwulan pertama. Vitamin A dapat Anda temui pada sayuran berwarna hijau dan orange, susu, dan hati ayam.

  • Vitamin B

Vitamin B memiliki beberapa jenis varian. Vitamin B yang memiliki manfaat utama untuk ibu hamil yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Masing-masing jenis dari vitamin B tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Namun semua jenis vitamin B tersebut memiliki manfaat yang besar untuk ibu hamil dalam menjaga kondisinya dan sang janin. Untuk itu selalu penuhi vitamin B selama masa kehamilan.

  • Vitamin C

Vitamin C memiliki manfaat untuk menyerap zat besi di usus, terutama bagi ibu hamil karena sering menderita anemia. Vitamin C dapat Anda peroleh dari berbagai jenis buah-buahan.

  • Vitamin D

Vitamin D dapat menurunkan tingkat resiko diabetes dan hipertensi bagi ibu hamil. Selain itu manfaat untuk sang janin adalah meningkatkan kekebalan tubuhnya serta memperlancar proses pernafasan. Vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari pagi yang terbukti sangat menyehatkan.

  • Vitamin E dan K

Vitamin E dan K memiliki manfaat yang hampir mirip yaitu melindungi asam lemak yang dibutuhkan janin. Vitamin E dan K dapat diperoleh dari mengkonsumsi gandum.

Itulah beberapa Vitamin yang Diperlukan untuk Ibu Hamil saat mengandung.