Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Dilarang untuk Ibu Hamil

KabarDunia.com – Pola konsumsi makanan pada saat kondisi normal jelas berbeda dengan pada saat hamil. Kondisi hamil menuntut seorang ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan asupan gizi. Kepedulian ibu hamil terhadap janin yang dikandungnya terutama dalam hal asupan gizi harus diberi perhatian lebih. Sebab apabila seorang ibu hamil mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi maka akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam rahim ataupun dapat mengakibatkan janin yang cacat pada saat lahir. Anda semua tidak mengharapkan ini terjadi pastinya. Untuk itu berikut adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil dan sebaiknya Anda hindari, antara lain:

  • Makanan yang Dimasak Kurang Matang

Pada makanan yang dimasak kurang katang terdapat bakteri E.Coli. Bakteri tersebut sangat mempengaruhi janin dan membuat infeksi serius pada janin.

  • Makanan yang Mengandung Logam Berat Merkuri

Melihat pencemaran lingkungan yang semakin parah, WHO menyarankan kepada ibu hamil untuk tidak memakan makanan yang dinilai telah tercemar logam berat merkuri. Salah satu contoh makanan yang kemungkinan besar tercemar adalah ikan-ikan besar dari samudera karena dinilai telah tercemar oleh air di samudera yang saat ini telah banyak yang mengandung logam berat merkuri.

  • Mengkonsumsi Daging Ayam Mentah dan Telur Ayam Setengah Matang

Ibu hamil disarankan tidak mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut karena terdapat bakteri salmonella. Bakteri ini dapat menyebabkan diare berat pada ibu hamil. Penyakit diare dapat membuat ibu hamil menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi tidak baik untuk perkembangan janin dalam rahim karena janin sangat membutuhkan asupan cairan yang cukup dari ibu hamil.

  •  Buah Nanas

Buah nanas memiliki zat bromelain. Zat bromelain dapat menyebabkan leher rahim melunak dan menyebabkan persalinan dini. Nanas sudah sangat terkenal sebagai salah satu makanan yang sangat dilarang untuk seorang ibu hamil karena dapat mengganggu janin yang ada pada janin.

Itulah beberapa Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil karena mengancam kehamilannya.