Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik

KabarDunia.com – Mengatur posisi tidur bagi seorang ibu hamil merupakan suatu kesulitan tersendiri. Posisi tidur pada saat mengandung bisa dikatakan serba salah sebab ibu hamil tetap harus memperhatikan agar posisi tidurnya tidak mengganggu posisi kandungannya. Ibu hamil membutuhkan area tidur yang lebih luas dari biasanya karena tubuh ibu hamil akan lebih besar dari sebelum kehamilan. Mencari posisi tidur yang tepat dan baik untuk ibu hamil cukup dikatakan sulit. Namun bagi Anda yang sedang hamil tidak perlu khawatir untuk mencari posisi tidur yang baik. Berikut ini adalah posisi tidur ibu hamil yang baik, antara lain:

  • Tidur dengan Posisi Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap cukup aman dilakukan oleh ibu hamil. Namunposisi tidur seperti ini lebih banyak dilakukan pasca melahirkan. Pada saat masa kehamilan posisi tidur ini tidak terlalu disarankan terutama saat memasuki waktu 14 minggu karena pada waktu tersebut perut mulai membesar dan membuat tidur Anda kurang nyaman. Apabila Anda telah melakukan proses persalinan mungkin Anda dapat mencoba posisi tidur seperti ini.

  • Tidur dengan Posisi Terlentang  

Posisi tidur seperti ini disarankan untuk ibu hamil yang baru memasuki awal masa kehamilannya yaitu sekitar 1-14 minggu pertama. Mulai dari minggu ke-15 dan selanjutnya posisi tidur seperti ini tidakdisarankan karena pada saat kandungan telah membesar, posisi tidur seperti ini dapat membuat pinggang Anda terasa sakit, mengganggu pencernaan dan pernafasan karena seluruh berat rahim dibebankan pada bagian belakang tubuh. Untuk itu Anda hanya boleh melakukan posisi tidur seperti ini pada awal kehamilan saja.

  • Tidur dengan Posisi Miring

Bagi Anda yang telah memasuki usia kehamilan diatas 16 minggu diharapkan melakukan posisi tidur miring. Posisi tidur miring yang baik adalah menghadap ke kiri sebab janin akan mendapatkan nutrisi yang baik dan aliran darah menjadi lancar. Sebab apabila tidur menghadap bagian kanan maka terdapat pembuluh darah vena besar yang membawa darah dari seluruh tubuh ke jantung danjuga menghambat kerja ginjal serta membuat pembengkakan pada kaki ibu hamil.

Inilah beberap cara mengatur Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik sehingga tidak mengganggu waktu istirahat Anda dan calon buah hati Anda. Selamat mencoba.