Macam-macam Gerakan Senam Ibu Hamil

Macam-macam Gerakan senam ibu hamil

KabarDunia.com Senam ibu hamil menjadi kegiatan yang saat ini sering dilakukan oleh para ibu hamil terutama di daerah perkotaan. ibu hamil mempercayai bahwa senam hamil mampu memperlancar proses persalinan dan menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandungnya. Para dokter kandungan juga menyarankan pada ibu hamil tetap berolahraga selama masa kehamilan namun olahraga yang disarankan tidak terlalu berat. Senam hamil menjadi sangat terkenal karena gerakan-gerakan yang perlu dilakukan cukup sederhana. Berikut adalah macam-macam gerakan senam ibu hamil yang dapat Anda para ibu hamil lakukan, antara lain:

  • ┬áPosisi Merangkak

Posisi merangkak dalam senam ibu hamil cukup sederhana dan mudah dilakukan. Caranya adalah senderkan kepada Anda pada lantai, lalu rentangkan tangan Anda. Lutut tetap tegak menahan berat badan. Lakukan dengan kepala menghadap ke kiri dan ke kanan selama beberapa kali.

  • ┬áPosisi Duduk

Posisi duduk mengangkang pada matras atau tempat tidur dapat Anda lakukan dirumah dengan mudah. Caranya adalah bentuk posisi duduk Anda menjadi mengangkang. Kemudian condongkan badan kearah belakang dengan posisi tangan menahan berat tubuh pada alas yang digunakan. Lalu gerakan kaku ke atas, ke bawah, ke kanan, dan ke kiri secara bergantian. Lakukan berulang kali secukupnya.

  • Posisi Yoga

Posisi yoga adalah posisi yang sering dilakukan pada orang sedang beryoga. Posisi ini cukup mudah dilakukan dengan cara duduk bersila, badan tetap pada posisi tegak. Tangan diposisikan pada depan dada. Kemudian tarif nafas yang panjang dan tenangkan pikiran. Posisi ini mampu membuat anda menjadi lebih tenang dan relaks. Lakukan gerakan ini selama beberapa menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah Macam-macam Gerakan Senam Ibu Hamil yang dapat Anda coba. Senam ibu hamil memang tidak wajib dilakukan namun sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan Anda dan janin yang sedang Anda kandung. Namun yang terpenting adalah gerakan senam ibu hamil yang Anda lakukan tidak membuat Anda merasa tidak nyaman.