Cara Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

Cara Mengatur Pola Makan Ibu Hamil KabarDunia.com_Cara-Mengatur-Pola-Makan-Ibu-Hamil_

KabarDunia.com – Ibu hamil sangat perlu memperhatikan pola makan yang selain sehat juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap untuk menjamin kesehatan sang calon buah hati. Berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhan akan asupan nutrisi sang buah hati telah dilakukan namun pola makan para ibu hamil kurang diperhatikan. Sebenarnya pola makan ibu hamil memiliki perbedaan pada setiap usia kehamilan, namun hal ini belum banyak dipahami oleh ibu hamil. Berikut adalah cara mengatur pola makan ibu hamil yang baik dan benar berdasarkan usia kehamilan, antara lain:

 1. Triwulan Pertama

Pada usia kehamilan triwulan pertama ibu hamil sering mengalami mual-mual sehingga perut terasa kosong dan lemas. Cara mengatasinya adalah makan dengan porsi yang sedikit namun intensitasnya harus sering. Pada masa ini ibu hamil juga diharapkan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat karena pada triwulan pertama janin mengalami pembentukan sistem saraf pusat. Asam folat dapat diperolah dari berbagai sayuran seperti bayam, brokoli, asparagus, dan buah jeruk. Selain itu ibu hamil juga harus sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi karena pada masa ini ibu hamil sering mengalami anemi. Makanan yang mengandung zat besi antara lain daging merah, kacang-kacangan, dan produk gandum.

 2. Triwulan Kedua

Pada usia kehamilan yang memasuki triwulan kedua rasa mual yang sering dialami berangsur mulai pulih. Pada usia kehamilan seperti ini uibu hamil disarankan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, dan omega 3. Pada usia ini kandungan semakin membesar sehingga ibu hamil harus menguatkan tulang dengan banyak mengkonsumsi tulang. Selain itu janin juga semakin tumbuh menjadi lebih besar dan mulai membentuk tulang sehingga membutuhkan kalsium dan vitamin D yang cukup. Omega 3 juga perlu dikonsumsi ibu hamil untuk perkembangan otak bayi.

 3. Triwulan Ketiga

Pada usia kehamilan triwulan ketiga sebaiknya ibu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K karena membantu pembekuan darah saat proses persalinan berlangsung.

Demikian Cara Mengatur Pola Makan Ibu Hamil sesuai dengan usia kandungannya. Lakukan yang terbaik untuk calon buah hati Anda yang pastinya sangat Anda cintai.