Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Berat Badan Ideal Ibu Hamil

KabarDunia.com Berat badan merupakan hal yang sangat sering diperhatikan oleh ibu hamil karena perubahannya yang cukup drastis akibat adanya berat tambahan yang diberikan oleh janin dalam rahim. Perubahan berat badan ini memang terjadi secara alami dan tidak dapat dicegah karena dapat dikatakan bahwa ini merupakan suatu takdir untuk wanita yang sedang hamil. Berat badan juga harus selalu diperhatikan oleh para ibu hamil sebab banyak ibu hamil menderita kelebihan berat badan (overweight) dan kekurangan berat badan (underweight). Berat badan ideal ibu hamil adalah berkisar 12-15Kg dari berat badan sebelum hamil. Ibu hamil diminta untuk selalu menjaga berat badan agar selalu dalam kondisi ideal. Berikut adalah berat badan ideal ibu hamil, antara lain:

1. Triwulan Pertama

Pada triwulan pertama berat atau pada masaawal kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami perubahan berat badan yang belum terlalu signifikan. Penambahan berat badan yang terjadi biasanya berkisar 5gr perhari. Perubahan ini didasarkan pada janin yang sedang berkembang menjadi sebuah individu baru yang ada dalam kandungan Ibu hamil.

2. Triwulan Kedua

Pada triwulan kedua perubahan yang cukup signifikan mulai terjadi. Pada saat ini janin sedang berkembang menjadi individu yang lebih lengkap inderanya. Kenaikan yang dialami oleh ibu hamil biasanya berkisar 10-20gr. Perubuhan berat badan ini cukup dapat dirasakan dan dilihat dengan kasat mata pada perubahan perut yang semakin membesar. Untuk itu ibu hamil diminta selalu menjaga pola makan dan asupan nutrisi yang tepat agar tidak terjadi overweight ataupun underweight.

3. Triwulan Ketiga

Pada triwulan ketiga perubahan yang dirasakan sangat terlihat karena janin memasuki proses pematangan untuk menjadi sorang individu yang utuh dan siap dilahirkan. Perubahan berat badan pada usia kelahiran seperti ini yaitu berkisar kurang lebih 200gr. Anda diminta untuk selalu menjaga berat badan agar tidak mengganggu proses persalinan.

Demikianlah Berat Badan Ideal Ibu Hamil pada setiap triwulan umur kehamilan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.