Suka Lari Pagi? Inilah 4 Tips Memilih Peralatan Olahraga untuk Lari

Suka Lari Pagi? Inilah 4 Tips Memilih Peralatan Olahraga untuk Lari

KabarDunia.com – Olahraga lari adalah salah satu olahraga yang sampai saat ini masih sering dilakukan oleh semua orang. Baik anak-anak sampai orang dewasa masih sering melakukan lari. Selain sehat, lari juga dapat membuang lemak dalam tubuh sehingga badan akan menjadi lebih proporsional. Sama halnya dengan olahraga lainnya maka pada saat Anda mau lari, harus menyiapkan beberapa peralatan olahraga lari. Karena peralatan ini akan sangat penting untuk Anda.

Peralatan yang pertama adalah sepatu. Dalam memilih sepatu untuk lari juga tidak boleh sembarangan, yakni sepatu lari Anda harus:

1.    Bahan nyaman
Karena sepatu adalah yang paling penting maka sebaiknya Anda memilih sepatu yang nyaman. Ini akan membuat kaki Anda nyaman pada saat Anda lari dan tidak akan lecet. Bahan sepatu harus empuk dan enak kalau dipakai.

2.    Ukuran pas
Selain nyaman, tentunya Anda harus memakai sepatu yang ukuran sesuai atau pas di kaki Anda. Karena apabila memilih sepatu yang ukuran kekecilan juga tidak baik, dan kebesaran juga tidak nyaman.

Kedua hal tersebut harus ada dalam sepatu Anda gar Anda dapat melakukan lari dengan nyaman dan tanpa mengalami cedera kaku. Agar lebih aman lagi maka usahakan Anda memilih sepatu yang alasnya kuat. Karena Anda tidak tahu Anda akan berlari di medan atau lintasan seperti apa sehingga pastikan Anda berjaga-jaga untuk memilih alas sepatu yang kuat agar kaki Anda tetap aman.

Selain sepatu, sudah pasti peralatan olahraga lari yang juga Anda butuhkan adalah baju lari. Namun tentu saja dalam pemilihan baju ini tidak boleh asal. Usahakan Anda memilih baju yang seperti ini:

1.    Bahan teknis
Baju Anda sebaiknya terbuat dari bahan teknis sehingga dapat menyerap keringat dan juga akan menjadi cepat kering apabila baju Anda terkena keringat. Dan bahan teknis ini adalah salah satu bahan yang cocok untuk baju lari.

2.    Tidak terbuat dari katun
Usahakan Anda tidak memilih baju yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun memang lebih mudah menyerap keringat, namun bahan ini lebih susah atau lama untuk kering. Maka apabila Anda berkeringat dan keringat tersebut susah kering maka tentu saja Anda tidak akan nyaman dalam melakukan lari.

Kedua hal tersebut adalah untuk membuat Anda tetap nyaman ketika sedangkan berlari. Anda juga harus memastikan bahwa ukuran baju yang Anda kenakan untuk lari harus pas dengan ukuran tubuh Anda. Jangan gunakan baju yang terlalu kecil ukurannya karena akan membuat Anda tidak mudah untuk bergerak dan membuat keringat semakin banyak jumlahnya.

Itulah beberapa peralatan yang akan Anda butuhkan apabila Anda hendak melakukan lari. Selain itu masih ada beberapa peralatan lain yang juga akan Anda butuhkan dalam lari. Walaupun ini termasuk peralatan tambahan, namun akan sangat membantu Anda apabila Anda juga membawa peralatan ini. Dan beberapa peralatan tersebut adalah:

1.    Air minum
2.   Jam tangan

Apabila Anda melakukan lari lebih dari 30 menit maka pastikan Anda harus membawa air minum. Karena ini akan menolong Anda agar tidak mengalami dehidrasi saat lari. Selain itu Anda juga dapat membawa peralatan olahraga untuk lari lainnya dalam bentuk jam tangan. Jam ini beda dengan jam tangan pada umumnya, karena jam tangan ini dapat mengukur detak jantung Anda dan juga mengukur kecepatan lari Anda.