Mengupas Manfaat Biji Pepaya serta Efek Sampingnya

Mengupas Manfaat Biji Pepaya serta Efek Sampingnya

KabarDunia.com Buah pepaya yang memiliki rasa manis memang sudah dikenal banyak manfaatnya. Tapi tahukah anda jika biji pepaya yang berwarna hitam juga mempunyai segudang kegunaan? Manfaat biji pepaya ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagian yang sering diabaikan dan dibuang ini efektif untuk beberapa keluhan kesehatan tubuh. Baru sebagian orang yang berani mengkonsumsi biji pepaya untuk mendapatkan manfaatnya.

> Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Biji pepaya mengandung enzim proteolitik tinggi yang membantu membersihkan tubuh dari parasit. Benih dari pepaya ini juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine. Zat ini telah terbukti sangat efektif membunuh cacing parasit dan amuba. Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah membantu enzim pencernaan untuk membersihkan saluran cerna. Biji pepaya dipercaya ampuh melawan sirosis hati. Penyakit hati ini disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih selama bertahun-tahun, sehingga hati bisa menyusut dan mengeras. Dengan demikian hati tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk menghilangkan racun dari tubuh. Kemudian biji pepaya yang dikeringkan dan telah ditumbuk halus menjadi bubuk, dipercaya dapat membantu menghilangkan uban di rambut. Anda dapat menggunakan secara rutin pada saat mandi kemudian keramas dengan air bersih agar uban hilang dan tidak bertambah parah.

> Efek Samping Konsumsi Biji Pepaya

Meskipun manfaat biji pepaya untuk kesehatan sudah dikaji, namun ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan. Untuk tindakan pencegahan, ada baiknya wanita hamil tidak mengkonsumsi biji pepaya. Ada juga penelitian yang menunjukkan indikasi pengurangan terhadap kesuburan seorang pria. Terlepas dari itu semua, karena substansi dan dengan efek fisiologis yang kuat, maka langkah terbaik adalah jangan mengkonsumsi biji pepaya secara terus menerus selama beberapa bulan.

Biji pepaya mengandung carpaine, papain, dan enzim pencernaan lain yang sangat kuat. Karena itu dianjurkan untuk tidak banyak dikonsumsi pada satu waktu. Hal ini dipastikan akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Alangkah lebih baik jika berkonsultasi dengan ahli kesehatan dulu sebelum memutuskan untuk memperoleh manfaat biji pepaya.