Tidak PD dengan Bau Mulut Saat Berpuasa, Atasi dengan Cara Ini

Tidak PD dengan Bau Mulut Saat Berpuasa, Atasi dengan Cara Ini

KabarDunia.com – Seringkali pada saat kita berpuasa, bau mulut yang kita hasilkan beraroma tak sedap yang akhirnya membuat beberapa orang tidak PD dengan bau mulutnya. Hal ini menjadi hal yang lumayan menganggu, terlebih pada siang hari disaat bau mulut mulai beraroma tak sedap. Lalu, apa sebenarnya penyebab dari bau mulut saat berpuasa?

Menurut para dokter gigi, parahnya bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh kurangnya asupan air saat berpuasa menyebabkan kelembaban rongga mulut berkurang. Hal itu terjadi karena air yang sedikit di dalam tubuh harus dibagi ke beberapa organ lainnya sehingga air ludah yang mampu melembabkan rongga mulut berkurang. Belum lagi kurangnya aktifitas mengunyah pada siang hari juga menyebabkan lidah memproduksi sedikit air. Hal ini semakin parah jika sebelumnya kebersihan rongga mulut dan gigi tidak dijaga kebersihannya. Sisa-sisa makananan yang membusuk, maupun permasalahan gigi berlubang dan karang gigi, kurangnya konsumsi air putih pada saat sahur atau berbuka membuat aroma yang dihasilkan mulut semakin tak sedap.

Agar masalah ini tak menganggu perjalanan ibadah berpuasa Anda, tentunya ada hal-hal yang dapat mencegah agar bau mulut tetap wangi selama berpuasa. Sebelum memasuki Ramadhan, anda bisa melakukan pembersihan karang gigi, dan melakukan kontrol gigi untuk menambal gigi yang berlubang. Hal ini cukup ampuh mengurangi resiko bau mulut tak sedap saat berpuasa.

Selama puasa, anda juga bisa memperbanyak konsumsi air putih saat berbuka dan sahur untuk mencadangkan kadar air di dalam diri, jangan lupa untuk sikat gigi setelah sahur dan berbuka agar sisa-sisa makanan tidak menyangkut dan membusuk. Sikat gigilah dengan cara yang benar, bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi setelah itu kumur-kumur dengan mouthwash untuk menjaga nafas anda tetap segar, meski saat berpuasa.