Cara Simple Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Cara Simple Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

KabarDunia.com – Memiliki ingatan yang kuat sungguh sangat menyenangkan. Bayangkan saja, jika anda bisa mengingat nama orang beserta nomor telponnya dalam satu waktu, atau mengingat kejadian yang telah berlalu, ini bukanlah hal yang mustahil dan semua orang bisa melakukannya asalkan anda memiliki daya ingat yang bagus dan kuat. Tentunya dengan ingatan yang kuat dapat memudahkan anda menjalani berbagai macam kegiatan.

Sayangnya, banyak orang yang umurnya terbilang masih muda tapi sudah cepat lupa atau mudah pikun. Jika anda memiliki daya ingat yang lemah atau cepat lupa, sebaiknya anda simak tips berikut ini yang akan menjelaskan beberapa cara untuk menguatkan daya ingat anda.

Membaca Buku dengan Cepat

Saat anda membaca buku dengan cepat dan fokus maka otak anda akan merekam semua yang anda baca. Selain itu, memori otak bekerja dan mampu merekam dengan maksimal  disaat anda membaca buku dengan cepat.

Tidur Secukupnya

Selain bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan tidur yang cukup dapat menyehatkan otak dan meningkatkan kerja memori otak sehingga daya ingat semakin kuat.

Mengkonsumsi Telur

Telur mengandung protein dan omega 3 yang dapat menjaga kesehatan otak dan juga menambah daya ingat memori anda. Selain itu, dengan mengkonsumsi telur juga dapat menambah energi yang ada di dalam tubuh untuk menjalani rutinitas harian.

Minum Air Putih

Dengan perbanyak minum air putih dapat menghilangkan racun dan lemak yang menyumbat aliran darah menuju ke otak anda. Selanjutnya, racun dan kotoran akan dikeluarkan melalui keringat dan air seni. Minumlah air putih setidaknya minimal 10 gelas per hari.

Mendengarkan Musik

Beberapa penelitian menunjukan, dengan mendengarkan musik yang ringan dapat meningkatkan respon dan memori otak anda sehingga daya ingat semakin bertambah kuat. Anda bisa memilih musik seperti bethoven, shympony, dan lainnya.

Olahraga Otak

Cara lain untuk meningkatkan daya ingat anda yaitu dengan olahraga otak. Saat banyak cara untuk melakukan olahraga otak yang bisa anda lihat di berbagai macam video online. Misalkan, mengayunkan tangan kanan ke depan dan tangan kiri ke belakang secara bersamaan, atau gerakan kelingking tangan kiri dan jempol tangan kanan secara bersamaan lalu sebaliknya. Olahraga otak dapat meningkatkan daya ingat anda karena dapat menyeimbangkan kerja otak kanan dan otak kiri.