Makanan bagi Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Cerdas

Makanan bagi Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Cerdas

KabarDunia.com – Setelah anda melahirkan tentunya anda masih memiliki kewajiban terhadap buah hati yaitu dengan menyusui selama 2 tahun. ASI memiliki khasiat atau manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh si bayi. Bahkan, kandungan vitamin dan nutrisi pada ASI tidak ada tandingannya dibandingkan susu atau suplemen apapun. Bahkan, banyak ibu yang berusaha agar ASI nya bisa segera keluar.

Maka dari itu, untuk anda yang memiliki ASI yang sehat dan mudah keluar selayaknya untuk bersyukur, karena banyak juga para ibu di luar sana yang ingin menyusui anaknya namun ASI nya sulit untuk keluar. Selain itu, untuk anda para ibu yang menyusui sebaiknya menjaga asupan vitamin dan nutrisi agar ASI yang masuk ke dalam tubuh bayi anda dapat memberikan kesehatan dan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh si bayi.

Berikut ini beberapa macam makanan bervitamin yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui :

Kacang-Kacangan

Pada kacang-kacangan mengandung banyak zat besi dan protein sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Selain itu, dengan mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa menjadi salah satu alternative pengganti susu untuk ibu yang mengalami alergi terhadap susu.

Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dimakan oleh ibu hamil. Kandungan vitamin C juga dapat menjaga kondisi ibu hamil dari berbagai macam serangan penyakit dan virus berbahaya. Anda bisa mengolah jeruk menjadi jus agar terasa lebih nikmat saat dikonsumsi.

Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung Omega 3, zat besi, dan protein yang sangt baik untuk kesehatan tubuh ibu dan juga untuk kesehatan tubuh si bayi. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi ikan salmon karena masih mengandung mercury walaupun jumlahnya tidak banyak. Konsumsilah 12 ons dalam seminggu.

Daun Katuk

Sudah bukan rahasia lagi jika daun katuk dapat menyuburkan ASI anda. anda bisa mengkonsumsi daun katuk dengan cara dibuat menjadi sayur atau dibuat menjadi jus. Bahkan, saat ini sudah banyak multivitamin khusus ibu menyusui yang dibuat dari daun katuk.

Dengan menjaga kesehatan ASI maka vitamin dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh bayi dapat terpenuhi dengan baik. Semoga artikel mengenai makanan wajib untuk ibu menyusui dapat bermanfaat untuk anda.