Mengenal Gejala Penyakit Jantung Koroner

Mengenal Penyakit Jantung Koroner

KabarDunia.comPenyakit jantung koroner merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di Indonesia. Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, baik pria ataupun wanita, baik yang muda ataupun yang tua. Timbulnya penyakit jantung disebabkan adanya penyumbatan pembuluh arteri sehingga asupan oksigen menuju jantung menjadi berkurang, sehingga jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk memompa darah.

Timbulnya penyakit jantung disebabkan karena kebiasaan buruk seperti merokok, sering mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung kolestrol tinggi, serta sering mengkonsumsi minuman berakohol. Selain itu, kelebihan berat badan juga menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit jantung.

Lalu, apa saja yang menjadi gejala penyakit jantung? Pada beberapa kasus, penyakit jantung akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada bagian dada sebelah kiri, kepala sering merasa pusing disertai dengan penglihatan yang kurang jelas, dan gejala lainnya.

Sedangkan untuk penanganan penyakit jantung, jika si penderita mulai merasakan nyeri pada bagian dada sebelah kiri segera berikan paracetamol kurang dari 15 menit, kemudian segera bawa ke rumah sakit terdekat agar mendapat penaganan yang baik. Selama perjalanan ke rumah sakit, posisikan kepala pasien lebih tinggi dari ujung kaki, sehingga darah masih bisa mengalir ke seluruh tubuh.

Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari serangan penyakit jantung koroner :

Hindari Makanan Berlemak dan Berkolestrol

Supaya anda terhindar dari serangan jantung koroner maka sebaiknya anda hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolestrol tinggi. Salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi adalah junk food atau makanan cepat saji. Selain itu, makanan yang tidak di masak hingga matang juga dapat menimbulkan resiko serangan jantung.

Berolahraga

Dengan rutin berolahraga dapat menyehatkan organ jantung sehingga fungsi jantung bisa berjalan dengan maksimal. Anda bisa melakukan olahraga yang mudah dan simpel untuk dilakukan seperti senam, jogging, bersepeda dan lainnya. Biasakan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

Stop Merokok

Jika anda sangat menyayangi jantung anda maka hindari rokok mulai dari sekarang. Karena unsur kimiawi yang terdapat pada rokok menyumbang racun paling besar yang dapat membahayakan jantung anda. Maka dari itu, siapapun anda dan berapapun usia anda sebaiknya stop merokok sekarang juga.

Demikian informasi yang dapat saya berikan pada anda. Semoga dengan adanya informasi mengenai penyakit jantung koroner dapat membuat anda menjadi lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan memulai pola hidup sehat.