Simpan Kentang di Kulkas Ternyata Bisa Bangkitkan Senyawa Berbahaya?

Simpan Kentang di Kulkas Ternyata Bisa Bangkitkan Senyawa Berbahaya

KabarDunia.com – Selama ini kulkas dianggap sebagai salah satu solusi untuk menyimpan makanan agar bisa lebih tahan lama terutama sayuran, namun rupanya menyimpan di dalam kulkas tidak dianjurkan untuk kentang, hal ini tak lepas dari adanya senyawa didalam kentang yang berpotensi menjadi sebuah ancaman bagi tubuh jika kentang terlalu lama disimpan di dalam kulkas.

Ketika kentang disimpan di dalam kulkas, pati yang terdapat didalam kentang ternyata bisa berubah menjadi senyawa gula. Saat dipanggang ataupun digoreng, senyawa gula tersebut bakal ikut tercampur dengan zat asparagin asam amino. ketika bercampur, kedua zat tersebut akan menghasilkan sebuah zat kimia baru bernama akrilamida yang mana diketahui cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengapa zat akrilamida itu berbahaya?

Akrilamida sendiri merupakan sebuah bahan kimia yang mana biasa digunakan dalam sebuah proses di industri seperti misalnya untuk produksi kertas, pewarna serta plastik.

Keripik kentang serta kentang goreng sendiri merupakan sejumlah makanan yang mana dipercaya mengandung zat akrilamida yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan yang lainnya. Bahkan beberapa tahun terakhir zat akrilamida sendiri sering dikaitkan dengan munculnya berbagai macam kanker.

Seperti dilansir oleh mirror.co.uk, hasil penelitian yang selama ini mengaitkan antara akrilamida dengan penyakit kanker sendiri masih dilakukan pada sejumlah tikus. Sehingga saat ini masih dibutuhkan sejumlah penelitian yang lebih lanjut untuk bisa melihat efek yang lebih jelas.